Kamis, 2 Mei 2024

Minyak Naik karena Ketidakpastian Operasi Pipa Utama Kanada-Amerika

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi - Harga minyak naik, grafik panah tumbuh. Foto: Antara

Harga minyak naik lebih dari satu persen di awal perdagangan Asia pada Senin (12/12/2022), karena pipa minyak mentah utama Kanada-Amerika Serikat (Keystone) tetap ditutup. Sementara Rusia mengancam akan memangkas produksi sebagai pembalasan terhadap pembatasan harga Barat atas ekspor minyak Rusia.

Minyak mentah berjangka Brent terangkat 83 sen atau 1,1 persen, diperdagangkan menjadi 76,93 dolar AS per barel pada pukul 00.20 GMT. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS diperdagangkan di 71,92 dolar AS per barel, meningkat 90 sen atau 1,3 persen.

Melansir Antara, pada hari Minggu (11/12/2022), TC Energy Kanada mengatakan belum menentukan penyebab kebocoran pipa minyak Keystone minggu lalu di Amerika Serikat, sementara juga tidak memberikan garis waktu kapan pipa tersebut akan kembali beroperasi.

Jalur Keystone dengan kapasitas 622.000 barel per hari adalah arteri penting yang mengirimkan minyak mentah berat Kanada dari Alberta ke penyulingan di Midwest AS dan Gulf Coast dan untuk ekspor.

Sementara itu Putin Presiden Rusia mengatakan pada Jumat (9/12/2022) bahwa negaranya sebagai pengekspor energi terbesar di dunia, dapat memangkas produksi minyak dan akan menolak untuk menjual minyak ke negara mana pun yang memberlakukan batasan harga “bodoh” pada Rusia yang disetujui oleh negara-negara G7.

Sementara ketidakpastian seputar sanksi Uni Eropa terhadap minyak Rusia dan batasan harga terkait membuat volatilitas harga tetap tinggi, sejauh ini sanksi tersebut berdampak terbatas pada pasar global, kata analis ANZ dalam sebuah catatan.

Pekan lalu, Brent dan WTI membukukan kerugian mingguan terbesar mereka dalam beberapa bulan dan menyentuh posisi terendah yang tidak terlihat sejak Desember 2021, tertekan kekhawatiran atas resesi global dan dampak pada permintaan minyak.(ant/gat/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs