Rabu, 24 April 2024

Pelonggaran Masker Membuat Rupiah Diprediksi Menguat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi pegawai bank menghitung uang Rupiah. Foto: Antara

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Rabu (18/5/2022) pagi, diproyeksikan menguat didukung surplus neraca perdagangan dan kebijakan pelonggaran penggunaan masker.

Melansir dari Antara, rupiah pagi ini bergerak melemah 3 poin atau 0,02 persen ke posisi Rp14.648 per dolar AS, dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.645 per dolar AS.

Revandra Aritama Analis Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) mengatakan, rupiah berpeluang menguat seiring Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat nilai ekspor Indonesia, mengalami kenaikan ditopang oleh kenaikan harga batu bara.

“Secara neraca perdagangan, Indonesia juga mengalami surplus 7,56 miliar dolar AS, tertinggi sepanjang sejarah. Laporan ini memberikan sentimen positif untuk rupiah,” ujar Revandra.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, neraca perdagangan Indonesia mencetak surplus 7,56 miliar dolar AS pada April 2022, yang sekaligus menjadi surplus RI ke-24 kali berturut-turut.

Margo Yuwono Kepala BPS mengatakan, komoditas nonmigas penyumbang surplus terbesar, berasal dari lemak dan minyak hewan atau nabati, kemudian bahan bakar mineral.

Dengan demikian, secara kumulatif, neraca perdagangan RI pada Januari-April 2022, membuat Indonesia mengalami surplus 16,89 miliar dolar AS.

“Selain itu, kemarin presiden juga mengumumkan pelonggaran penggunaan masker. Ini juga bisa menjadi faktor pendorong bagi ekonomi lokal mengingat kebijakan ini memberikan sinyal bahwa Indonesia mulai keluar fase pandemi menuju endemi,” kata Revandra.

Revandra memperkirakan rupiah hari ini berpotensi bergerak ke kisaran Rp14.600 per dolar AS hingga Rp14.700 per dolar AS.

Sebagai Informasi, pada Selasa (17/5/2022) kemarin, rupiah ditutup menguat 52 poin atau 0,35 persen ke posisi Rp14.645 per dolar AS, dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.697 per dolar AS. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs