Selasa, 5 Juli 2022

Presiden Yakin Ratusan Homestay di Mandalika Terisi Penuh Penonton MotoGP 2022

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI meninjau Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid yang disiapkan sebagai akses masuk penonton dan peserta balap MotoGP Mandalika, Lombok, NTB, Kamis (13/1/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Kamis (13/1/2022), mengecek persiapan penyelenggaraan event balap MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Di situ, Presiden memeriksa fasilitas Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid yang disiapkan sebagai akses masuk penonton dan peserta balap MotoGP Mandalika.

Kemudian, Jokowi meninjau sarana dan prasarana pendukung seperti fasilitas sirkuit, akses jalan, dan penginapan untuk para penonton.

Sesudah berkeliling dengan sepeda motor, Presiden menyatakan optimistis MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika bisa memuaskan penonton, dengan pemandangan alamnya.

Di samping itu, Jokowi berharap event balap motor internasional tersebut bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Lombok.

Sebagai bentuk dukungan, pemerintah melalui Kementerian PUPR membantu pembangunan rumah-rumah singgah yang untuk disewa penonton MotoGP Mandalika.

Berdasarkan data yang dipegang Presiden, ada 300 homestay di Mandalika yang disiapkan pemerintah daerah dan pusat.

“Kami juga ingin Mandalika bukan hanya urusan balap motor, tapi juga memberikan efek pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat. Kita berharap nanti pada saat penyelenggaraan MotoGP semuanya terisi penuh sehingga ada dampak ekonomi yang dirasakan masyarakat setempat. Tadi saya sudah mengecek satu per satu dari homestay yang sudah dikerjakan Kementerian PUPR dan nanti kita lihat bulan Maret, apakah ini terisi atau tidak? Menurut saya Insyaallah terisi semuanya,” ucap Jokowi.

Terkait persiapan MotoGP, Hadi Tjahjanto Komandan Lapangan MotoGP Mandalika mengatakan, frekuensi penerbangan dari sejumlah kota seperti Jakarta, Surabaya, Bali, dan Makassar menuju Lombok akan ditambah.

Penambahan frekuensi penerbangan itu bertujuan untuk mendukung masuknya penonton MotoGP 2022 ke Lombok.

Seperti diketahui, Sirkuit Mandalika sukses menjadi tuan rumah World Superbike pada November 2021. Tahun ini, Pertamina Mandalika Street Circuit akan menjadi arena balapan MotoGP, yang dijadwalkan tanggal 18-20 Maret 2022.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
31o
Kurs