“Makanan minuman, kemudian juga ada fashion halal, kosmetik, dan beberapa produk lainnya yang berkaitan dengan halal,” kata Deden Muhammad Fajar Siddiq, Atase Perdagangan KBRI Malaysia, dalam acara MIHAS 2022 di Kuala Lumpur, seperti dikutip Antara, Kamis (8/9/2022).

Deden mengatakan, saat ini produk halal tidak hanya berkaitan dengan makanan dan minuman, tetapi juga banyak barang dan jasa.

Oleh karena itu, ada banyak macam produk halal asal Indonesia yang dipromosikan selama MIHAS 2022.

Barang-barang tersebut adalah pakaian, kosmetik, sandal, kaos kaki, sarung, ikan tuna, keripik, bumbu dapur, sate, ayam taliwang, gula aren, farmasi, serta wisata halal.

Produk yang dipamerkan tersebut, sudah dipilih untuk bisa dipasarkan baik di Malaysia atau di negara lain, sehingga produk-produk Indonesia memiliki kualitas yang tidak kalah bersaing dengan negara lain.

Melalui pameran tersebut, Deden berharap pengekspor Indonesia bisa membangun jaringan, menemukan calon pembeli, dan mencapai transaksi.

“Jadi target pameran tentu untuk membangun jaringan. Kedua, tindak lanjutnya output-nya adalah terjadi transaksi perdagangan,”katanya.

Selain pasar Malaysia, ia berharap produk-produk Indonesia menjangkau pasar yang semakin luas dan berkembang di negara-negara Muslim lainnya, seperti Timur Tengah, Asia Tengah, bekas negara-negara Uni Soviet yang mayoritas berpenduduk Muslim, serta negara-negara lain yang tertarik produk dan jasa halal.

“Di beberapa negara, walaupun non Muslim, tetapi mereka sudah concern terhadap produk halal,” ujarnya. (ant/des/rst)