Kamis, 7 Juli 2022

Sekjen PDIP Ajak Rakyat Indonesia Berdikari dengan Kopi

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekjen PDIP berkeliling di Booth Kopi dalam Festival Kopi Tanah Air di GBK, Senayan, Jakarta. Foto: istimewa

Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) panen kopi usai melakukan tinjauan ke berbagai booth kopi Nusantara yang ikut dalam Festival Kopi Tanah Air, di Parkir Timur, Senayan, Jakarta.

Saking banyaknya, kopi yang diperolehnya, Ono Surono Ketua Panitia Festival berguyon, Hasto telah memiliki stok kopi untuk satu tahun.

Beberapa Ketua dan Sekretaris DPD PDIP hadir di booth  yang menjadi wilayahnya. Mereka antusias bersama penjaga booth menyambut kehadiran Hasto. Di antaranya Lazarus dari DPD PDIP Kalimantan Barat, Sudin dari DPD PDIP Lampung , dan Rudy Pieter Goni dari DPD PDIP Sulawesi Selatan.

“Gak bayar, nih,” kata Hasto saat disodorkan sebungkus kopi yang telat dikemas dengan rapi di booth Sulawesi Tengah di area Gelora Bung Karno, Sabtu (28/5/2022).

Di booth Sulawesi Utara, selain berbincang sejenak, Hasto menyoba menikmati kue lemet khas Minahasa.

Lalu, di booth Kalimantan Tengah, saat meninjau, Hasto diminta mengisi buku tamu.

Ono Surono yang ikut mendampingi Hasto memutari booth, mengeluarkan candaannya.

“Pak Hasto, sudah ada stok kopi untuk satu tahun ke depan,” katanya.

Hasto tersenyum mendengar gurauan itu. “Saya bagi ke teman media kalau mau,” tawarnya sambil senyum kepada media yang mengikutinya berkeliling.

Lalu, Hasto menuju lokasi Dialog Ngopi. Dia didaulat moderator untuk memberikan sepatah dua kata.

Kata Hasto politisi minum kopi itu penting. Sebab dalam dunia politik, banyak kepahitan yang akan dialami. Namun dengan merasakan berbagai cita rasa kopi, bisa memahami ternyata ada yang lebih pahit dari kehidupan.

“Kalau kita stress, bisa menghirup aroma kopi. Kemarin kita diajari bagaimana cara menikmati kopi yang baik,” ucap Hasto.

Hasto mengakhiri seluruh kegiatannya dengan memasuki sebuah stan kopi. Di sana Hasto, mengobrol dengan penjaga stan dan menyeruput segelas kecil kopi.

“Yang penting adalah imajinasi tentang membangun Indonesia yang kata Bung Karno, berdikari atau berdiri di atas kaki sendiri, dilakukan dengan kopi,” kata Hasto.(faz)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 7 Juli 2022
27o
Kurs