Rabu, 24 April 2024

Timur Tengah & Afrika Utara Jadi Pasar Kripto dengan Pertumbuhan Tercepat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Mata uang kripto. Foto: Pixabay

Tercatat hingga Juni 2022, negara yang ada wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara mengalami pertumbuhan pasar kripto terpesat di dunia hingga mencapai 48 persen.

“Padahal, wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara sebelumnya adalah salah satu pasar kripto terkecil, namun pertumbuhannya menjadi 566 miliar dolar AS yang diterima dalam mata uang kripto antara Juli tahun lalu hingga Juni 2022,” tutur peneliti Blockchain Chainalysis, Rabu (5/10/2022) dikutip Antara.

Terdapat tiga negara Timur Tengah dan Afrika Utara yang termasuk di antara 30 teratas dalam Indeks Adopsi Kripto Global Chainalysis 2022. Salah satunya adalah Turki yang menempati posisi tertinggi nilai kripto pada tahun ini hingga akhir Juni senilai 192 miliar, yang sempat mengalami krisis mata uang akibat penurunan suku bunga pada tahun lalu.

“Dua di antaranya, yakni Mesir dengan urutan 14 dan Maroko di urutan 24,” kata Chainalysis.

Fluktuasi harga uang kripto di Turki dan Mesir bertepatan dengan devaluasi mata uang fiat (tradisional) yang cepat dan memperkuat daya tarik kripto untuk melestarikan tabungan.

Sebagai informasi, setelah negara di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara, pertumbuhan terpesat kedua pada periode yang sama disusul oleh Amerika Latin sebesar 40 persen, berikutnya Amerika Utara 36 persen, dan diikuti Asia Tengah dan Selatan serta Oseania dengan pertumbuhan sebesar 35 persen. (ant/rum/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs