Senin, 26 September 2022

Transaksi Tak Langsung InaGRO Expo 2022 Hampir Rp10 Miliar

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Adik Dwi Putranto Ketua Umum Kadin Jatim saat menutup InaGRO Expo & Business Forum 2022 di Grand City Convex Surabaya pada Minggu (14/8/2022) malam. Foto: Kadin Jatim

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, penyelenggara pameran agro InaGRO Expo 2022 mencatat total transaksi tak langsung yang berhasil dikantongi peserta selama pameran mencapai hampir Rp10 miliar. Sedangkan untuk transaksi langsung atau transaksi riil di pameran mencapai sekitar Rp250 juta.

Pameran agro terbesar di Indonesia Timur yang digelar sejak Kamis (11/8/2022) resmi ditutup oleh Adik Dwi Putranto Ketua Umum Kadin Jatim pada Minggu (14/8/2022) malam.

“Karena ini sifatnya pengenalan dan promosi, maka transaksi secara langsung di kisaran Rp250 juta, tetapi potensi besar yang dalam proses negoisasi hampir mendekati Rp10 miliar,” ujar Eddy Purwanto Ketua Pelaksana InaGRO Expo & Business Forum 2022 melalui keterangan tertulis yang diterima Senin (15/8/2022).

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa selama empat hari InaGRO Expo, ada 130 stan yang berpartisipasi. Adapun peserta yang ikut pameran berasal dari pengusaha, institusi pemerintah lembaga pendidikan media e-commerce dan beberapa peserta yang lain dari asosiasi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI).

Kegiatan juga diramaikan dengan Business Forum sebagai bagian dari Side Event B20 yang diikuti oleh 350 peserta dan dihadiri oleh 15 negara perwakilan. InaGRO Expo 2022 digelar dalam rangka memperkuat sinergitas program pemulihan ekonomi, khususnya di sektor agro.

“Sebagaimana kita ketahui, pasca pandemi, kita bersama-sama berupaya memperbaiki dan melakukan pemulihan ekonomi. Di sini, peran Kadin Jatim adalah melakukan program pemulihan ekonomi nasional melalui penguatan kedaulatan pangan dan sinergi program nasional berupa produk agro yang berdaya saing global,” katanya.

Edi menegaskan, kegiatan InaGRO Expo 2022 Side Event B20 diharapkan mampu menjembatani para petani, nelayan dan peternak untuk bisa mengakses pembiayaan, teknologi, informasi dan teknologi, Peningkatan efesiensi dan memperluas jaringan pemasaran.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto mengatakan bahwa InaGRO Expo ini adalah acara gotong royong, yang diselenggarakan bersama-sama antara provinsi Jatim dengan dinas-dinasnya, Kadin Provinsi Jatim dan Kota Kabupatennya, HKTI provinsi Jatim, KTNA provinsi Jatim dan HNSI Provinsi Jatim dan support dari media.

“Harapan kami, melalui InaGRO Expo 2022, maka kolaborasi yang terbentuk akan semakin kuat antara pemerintah, dunai usaha, para asosiasi petani agar kita memiliki arah yang sama. apa yang kita lakukan bersama-sama,” tegasnya.

Beberapa agenda yang berhasil dilaksanakan selama event InaGRO Expo 2022 di antaranya adalah mengadakan kesepakatan bersama dan menyusun rekomendasi sektor pertanian yang akan disampaikan kepada Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Tentunya acara InaGRO Expo ini akan menjadi agenda tahunan kita semua. Dan insyallah tahun depan di bulan September kita akan kembali mengadakan event InaGRO Expo 2023,” pungkas Adik (iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Senin, 26 September 2022
25o
Kurs