Minggu, 5 Mei 2024

Bandara Juanda Siapkan Posko Pengendalian Angkutan Lebaran 2023

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Jajaran petugas saat menggelar apel pembukaan Posko Pengendalian Transportasi Udara Hari Raya Idul Fitri 1444 H di lobby kedatangan Terminal 1 Bandara Juanda, Jumat (14/4/2023). Foto: Humas Bandara Internasional Juanda.

Sepekan menjelang Idulfitri, berbagai sektor transportasi melakukan segala persiapan untuk menyambut arus mudik. Tak terkecuali Bandara Internasional Juanda yang membuka posko pengendalian angkutan lebaran 2023.

Sisyani Jaffar General Manager Bandar Udara Internasional Juanda mengatakan posko pengendalian angkutan lebaran ini berlokasi di dua tempat. Yaitu Terminal 1 (domestik) dan Terminal 2 (internasional) serta beroperasi selama 19 hari sejak 14 April-2 Mei 2023.

Selama periode posko itu beroperasi, pihak pengelola bandara memprediksi ada peningkatan penumpang sebanyak 18 persen dibanding tahun sebelumnya

“Ada sejumlah 772.145 penumpang atau naik 18 persen jika dibanding tahun sebelumnya yakni 656.817 penumpang. Puncak pergerakan penumpang diperkirakan ada 42 ribu orang pada H-3 Idul Fitri nanti,” kata Sisyani, Jumat (14/4/2023).

Sedangkan untuk pergerakan pesawat, diperkirakan ada 5.439 pergerakan atau meningkat 16 persen dibanding tahun lalu sebanyak 4.694 pergerakan pesawat. Sisyani menyebut prediksi tertinggi pergerakan pesawat juga terjadi H-3 lebaran, yaitu sekitar 294 pergerakan.

Selain itu, untuk memaksimalkan pelayanan di momen lebaran, Sisyani mengatakan bakal ada penambahan jam operasional oleh pihak bandara menjadi 24 jam untuk periode 18-30 April 2023.

“Kami bersama seluruh instansi komunitas bandara berkomitmen mensukseskan angkutan lebaran tahun ini dengan memberi pelayanan terbaik dan tmengedepankan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan,” sambungnya.

Di akhir, Sisyani mengimbau kepada seluruh calon penumpang yang akan berangkat dari Bandar Udara Intenasional Juanda untuk datang 2-3 jam sebelum keberangkatan.

“Guna kenyamanan, kami imbau kepada para pengguna jasa yang akan berangkat melalui Bandara Juanda pada H-5 hingga H-1 libur lebaran untuk memastikan jam keberangkatan kepada maskapai. Sebaiknya tiba di bandara 2-3 jam sebelum waktu keberangkatan,” tutur Sisyani.(wld/iss/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs