Minggu, 26 Mei 2024

Elon Musk Bikin Perusahaan Artificial Intelligence

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Elon Musk CEO Tesla. Foto: Antara/ Xinhua

Elon Musk dilaporkan telah mendirikan perusahaan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan baru bernama X.AI Corp.

Bos Tesla dan Twitter itu sangat kritis tentang AI akhir-akhir ini, dan merencanakan sesuatu yang berhubungan dengan AI.

Berdasarkan dokumen pemerintah setempat dari bulan lalu yang dilaporkan Antara, Minggu (16/4/2023), X.AI Corp didirikan di Nevada, Amerika Serikat (AS) dan mencantumkan Musk sebagai direktur tunggal, serta Jared Birchall, direktur kantor keluarganya, sebagai sekretaris.

Eksekutif multi-perusahaan itu dikenal memiliki kedekatan khusus dengan huruf “X” dan baru-baru ini mengganti nama Twitter, Inc. menjadi X Corp.

Musk nampaknya tidak asing dengan proyek AI. Dia pernah ikut mendirikan OpenAI sebelum meninggalkan perusahaan itu hampir satu dekade lalu.

Tapi, setelah popularitas ChatGPT meroket, Musk menganjurkan regulasi teknologi dan menandatangani surat terbuka yang mendesak para pemimpin teknologi untuk menghentikan pengembangannya selama enam bulan.

Belum jelas rencana X.AI Corp apakah untuk membangun saingan ChatGPT yang sesungguhnya. Meski detailnya masih minim, laporan sebelumnya memberikan petunjuk tentang bagaimana kemajuan upaya AI bikinan Musk.

Dia dilaporkan mempekerjakan dua mantan peneliti DeepMind pada bulan Maret, termasuk ilmuwan Igor Babuschkin, yang diyakini memimpin proyek baru tersebut.

Musk juga dilaporkan membeli 10 ribu GPU untuk pengembangan AI di salah satu pusat data Twitter.

Selain itu, menurut The Times, dia sudah berbicara dengan investor Tesla dan SpaceX untuk memasukkan uang ke dalam usaha barunya.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
30o
Kurs