Jumat, 19 April 2024

KAI Luncurkan KA Argo Semeru, Layani Rute Surabaya Gubeng – Gambir Lewat Yogyakarta

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
KA Argo Semeru layani Stasiun Surabaya Gubeng-Gambir lewat Yogyakarta dengan jadwal keberangkatan pukul 09.05 WIB pagi, Kamis (1/6/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah kereta baru relasi Stasiun Surabaya Gubeng menuju Stasiun Gambir Jakarta via Yogyakarta. Namanya KA Argo Semeru. Kereta ini beroperasi mulai hari ini, Kamis (1/6/2023).

KA Argo Semeru berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng pada pukul 09.05 WIB. Kereta ini dijadwalkan tiba di Stasiun Gambir pukul 19.40 WIB.

Sandry Pasambuna Direktur Keselamatan dan Keamanan PT KAI menyebut, KA Argo Semeru menambah opsi keberangkatan pagi bagi relasi Surabaya Gubeng-Gambir. Yang selama ini hanya tersedia malam hari, dilayani KA Bima dan KA Pandalungan.

“(Rute) itu sudah lama sebenarnya, cuma adanya malam hari. Pagi baru ini,” kata Sandry usai peluncuran KA Argo Semeru di Stasiun Surabaya Gubeng, Kamis (1/6/2023).

Penumpang memadati salah satu gerbong KA Argo Semeru Surabaya Gubeng-Gambir lewat Yogyakarta, Kamis (1/6/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Rute Surabaya Gubeng-Gambir lewat Yogyakarta juga bertujuan untuk melayani penumpang yang ingin lewat jalur selatan. Sekaligus meningkatkan pariwisata.

“Karena kita melalui daerah strategis pariwisata. Lewat jalur utara sudah ada. Jadi ini lewat selatan yang pagi. Malam sudah ada,” bebernya.

Sandry menambahkan, KA Argo Semeru memiliki sembilan gerbong dengan kapasitas maksimal 450 orang. Sejumlah stasiun yang akan dilewati kereta kelas eksekutif ini terdiri dari Stasiun Mojokerto, Jombang, Kertosono, Nganjuk, Madiun, Solo Balapan, Kutoarjo, Kebumen, Kroya, Purwokerto, Cirebon, Bekasi, Jatinegara, dan berakhir di Stasiun Gambir.

Sedangkan nama Semeru dipilih sebagai perlambangan agar KA bisa terus berkembang dan tinggi seperti namanya.

Menambahi, Nyono Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur mendukung adanya terobosan yang dilakukan KAI.

Menurutnya, kereta baru ini bisa memfasilitasi pekerja maupun mahasiswa Surabaya dan sekitarnya yang banyak berasal dari Jawa Tengah (Jateng) dan Yogyakarta atau sebaliknya. “Ini bisa jadi alternatif kereta api untuk mereka,” ucapnya. (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs