Senin, 29 April 2024

Kopi Asal Indonesia Mulai Diminati Pasar Mesir

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Lutfi Rauf Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir saat saat melakukan kunjungan bisnis di sentra pengolahan kopi Sunrise for Import & Export. Foto: Antara

Lutfi Rauf Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Mesir menyampaikan kopi asal Indonesia menjadi salah satu komoditas ekspor yang paling banyak diminati di Mesir.

“Dalam dua tahun terakhir, minuman es kopi susu mulai populer di Mesir. Dengan memiliki cita rasa yang khas, kopi Indonesia, salah satunya jenis Arabika, banyak diburu sebagai bahan es kopi susu bercita rasa tinggi dan nikmat,” ujar Lutfi melansir Antara pada Senin (4/9/2023).

Menurut Lutfi, ekspor kopi dari Indonesia dapat dikembangkan menjadi produk minuman kopi dengan berbagai rasa, sehingga memberi cita rasa yang berbeda. Sebagai contoh, seperti mencampurkan gula aren, gula merah khas Indonesia, untuk memberikan rasa karamel pada es kopi susu tersebut.

Selain itu, untuk merangkul pasar anak muda, dapat pula ditambahkan dengan rasa alpukat, kelapa, hazelnut, atau varian rasa lainnya, sesuai tren selera konsumen masa kini.

Syahran Kementerian Perdagangan Kairo Mesir menyampaikan, walau cara mengolahnya berbeda-beda, es kopi susu diyakini akan terus sukses di pasaran (mesir) karena selain nikmat, mudah pula dibeli.

“Terlebih, bila pelaku usaha dapat memanfaatkan aplikasi layanan pesan antar yang kini sedang menjamur,” kata Syahran.

Untuk diketahui, nilai ekspor kopi asal Indonesia ke Mesir pada periode Januari-Mei 2023 mencapai peringkat pertama dari seluruh dunia, yakni sebesar 37,53 juta dolar AS dengan pangsa pasar 41,76 persen.

Disusul Vietnam di peringkat kedua sebesar 25,12 juta dolar AS dengan pangsa pasar sebesar 27,95 persen, kemudian di peringkat ketiga Brasil sebesar 7,15 juta dolar AS dengan pangsa pasar 7,96 persen. (ant/fra/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs