Sabtu, 20 Juli 2024

Mendag RI Bahas Peningkatan Ketahanan Rantai Pasok Global di Pertemuan Menteri G7

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan RI memberikan keterangan di sela Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN (AEM) ke-55 di Semarang, Jawa Tengah, 20 Agustus 2023 lalu. Foto: Dok/ Antara

Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan (Mendag) bertolak ke Jepang menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Negara G7 (G7 Trade Ministers’ Meeting/G7 TMM), membahas tentang peningkatan ketahanan rantai pasok global serta hubungan antara sektor perdagangan dan aspek keberlanjutan.

Zulkifli mengatakan untuk pertama kalinya Indonesia diundang dalam pertemuan tingkat menteri tersebut. Menurutnya, hal ini akan membawa kepentingan strategis bagi Indonesia dan negara berkembang lainnya dalam perdagangan global.

“Terutama peningkatan ketahanan rantai pasok global serta hubungan antara sektor perdagangan dengan aspek keberlanjutan termasuk isu lingkungan, pembangunan, dan digitalisasi,” kata Zulhas sapaan akrab Mendag, dalam keterangannya yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu (28/10/2023).

Dalam pertemuan tersebut Mendag dijadwalkan mengikuti outreach session, yaitu sesi diskusi antara negara anggota G7, negara mitra strategis, dan organisasi internasional, yang mengangkat tema peningkatan ketahanan rantai pasok global.

Serta, ada sesi working dinner yang berfokus pada hubungan antara sektor perdagangan dan aspek keberlanjutan.

Di sela pertemuan G7 TMM, Zulkifli juga diagendakan mengikuti pertemuan bilateral dengan sejumlah negara mitra dagang strategis Indonesia yaitu Jepang dan Australia.

Seluruh rangkaian pertemuan akan dilaksanakan di Osaka International Convention Centre/Grand Cube Osaka, Jepang, Sabtu hari ini.

Selain pertemuan dengan menteri negara mitra dagang, Zulkifli akan menghadiri pertemuan dengan Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/ WTO) dan Organisasi Internasional Bidang Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (The Organization for Economic Cooperation and Development/OECD).

“Indonesia mendorong hasil-hasil konkret pada Konferensi Tingkat Menteri Ke-13 WTO bulan Februari 2024 mendatang serta mengharapkan dukungan untuk aksesi Indonesia menjadi anggota penuh OECD yang dapat menjadi akselerator tercapainya visi Indonesia Emas 2045,” kata Zulhas.

Sebagai informasi, G7 merupakan organisasi internasional yang terdiri atas beberapa negara ekonomi terbesar di dunia yakni Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat. (ant/ath/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 20 Juli 2024
22o
Kurs