Kamis, 25 April 2024

Mudahkan Pelanggan, Terminal Petikemas Surabaya Luncurkan Container Damage Report Online

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Peti kemas di pelabuhan. Foto: Humas TPS

Terminal Petikemas Surabaya (TPS) meluncurkan inovasi berbaru berbasis digital yaitu Go Live Container Damage Report (CDR) online pada Rabu (2/2/2023).

CDR sendiri merupakan dokumen yang diterbitkan oleh TPS saat ditemukan adanya kerusakan peti kemas, baik dalam proses penerimaan/pengeluaran barang (receiving/delivery) serta pada proses bongkar muat baik di dermaga maupun di lapangan penumpukan.

Layanan CDR memberikan kepastian kepada pelanggan tentang kondisi peti kemas yang dipercayakan layanannya kepada TPS. Kalau di kemudian hari pelanggan menemukan adanya kerusakan pada peti kemasnya, maka dapat dilacak informasi tentang kerusakan tersebut pada sistem CDR TPS.

Sebelumnya, prinsip kerja CDR dilakukan secara manual, yaitu setelah peti kemas masuk melalui Optical Character Recognation (OCR), maka secara otomatis OCR akan menangkap gambar petikemas, baik identitas petikemas maupun kondisi petikemas secara keseluruhan, kemudian pelanggan harus datang ke TPS untuk melakukan tanda tangan formulir CDR yang telah dilengkapi dengan hasil foto dari OCR tersebut.

Bambang Hasbullah Plt. Direktur Utama TPS, menyampaikan bahwa kini pelanggan tidak perlu lagi datang ke TPS untuk menandatangani formulir CDR. Hasil foto dari OCR tadi akan dikirim ke sistem CDR online, setelah itu pelanggan dapat melakukan konfirmasi melalui Click247 yang
tersedia di website TPS yaitu www.tps.co.id.

“Melalui CDR online, pelanggan dapat melihat gambar kondisi petikemas mereka sebelum berkegiatan di TPS, dan mereka dapat mengaksesnya di mana saja, sehingga lebih efektif dan efisien, serta paperless,” ungkap Bambang, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/2/2023).

TPS mempunyai 8 unit OCR yang tersedia di gate ekspor sebanyak 4 unit, gate impor sebanyak 3 unit dan di dermaga sebanyak 1 unit.

Bambang juga menyampaikan sebelum dilakukan Go Live CDR online, TPS juga telah melakukan sosialisasi baik kepada pelanggan maupun internal TPS.

Pada kesempatan tersebut, Bayu dari salah satu perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) saat dihubungi TPS untuk menanyakan testimoni tentang penerapan layanan online terbaru ini menyampaikan bahwa CDR online ini sangat membantu
sekali.

“Saya tidak perlu lagi repot-repot harus datang ke TPS untuk melakukan tanda tangan formulir, tapi hanya dengan one click, proses CDR sudah dapat diselesaikan,” ungkap Bayu.(dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs