Jumat, 29 Maret 2024

Pelni Siapkan 68 Kapal untuk Masa Angkutan Lebaran 2023

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Kapal Doro Londa milik PT Pelni yang mengangkut ribuan pemudik sandar di Terminal Gapura Surya, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Foto: Dok suarasurabaya.net

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni menyiapkan 68 kapal untuk melayani masyarakat yang mudik pada masa Lebaran 2023.

“Jumlah kapal yang akan melayani masyarakat di seluruh perairan Indonesia terdiri dari 68 kapal, yang 26 kapal adalah kapal penumpang atau kapal besar Pelni dan 42 merupakan kapal perintis,” ucap Tri Andayani Direktur Utama Pelni dalam konferensi pers angkutan Lebaran kapal Pelni tahun 2023 di Jakarta, Senin (27/3/2023).

Melansir dari laporan Antara, sebanyak 26 kapal penumpang dengan total berkapasitas 32.447 tempat duduk dan menyinggahi 71 pelabuhan, sedangkan 42 kapal utama total berkapasitas 16.092 tempat duduk dengan menyinggahi 273 pelabuhan.

Ia menjelaskan untuk rencana operasi angkutan Lebaran dari Pelni dimulai pada 7 April 2023 sampai dengan 8 Mei 2023.

“Kalau Lebaran tanggal 22 dan 23 April, masa peak season Lebaran ini kami jadwalkan dari 7 April sampai dengan 8 Mei atau H-15 sampai H+15 di mana masa peak-nya itu pada saat peak mudik itu ada di 17 April atau H-5 dan peak-nya ketika balik ada di tanggal 29 April atau H+6,” kata Tri Andayani.

Pelni juga telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk menghadapi angkutan Lebaran 2023, di antaranya mempersiapkan kesiapan armada.

“Pertama, tentu mempersiapkan armada kapal kami khususnya dari aspek keselamatan penumpang di mana dilakukan ramp check oleh Kementerian Perhubungan dan BKI (Biro Klasifikasi Indonesia). Kemudian kami juga memastikan ketersediaan BBM yang mana kami berkoordinasi dengan BPH Migas dan Pertamina,” kata dia.

Dalam mempersiapkan kesiapan armada, Pelni juga melakukan docking terhadap 68 kapal yang akan melayani masyarakat pada periode Lebaran 2023.

“Kami pastikan sebelum memasuki masa peak season di 7 April nanti seluruh kapal kami telah selesai docking,” kata dia.

Langkah strategis lainnya, yakni penyesuaian rute dan jadwal kapal.

“Melakukan penyesuaian rute dan jadwal kapal di mana penyesuaian rute baik mengurangi trayek atau penambahan trayek dilakukan khususnya untuk mengantisipasi ruas-ruas padat di mana jumlah penumpang pada saat masa lebaran H-15 sampai H+15 terjadi lonjakan jumlah penumpang yang cukup signifikan,” tuturnya.

Langkah berikutnya ialah kemudahan pembelian tiket secara daring.

“Kemudian kami juga telah memperluas cara untuk pembelian tiket secara online. Tiket ini juga bisa diakses oleh masyarakat melalui website kami, contact center, mobile apps, mini market, dan channel online,” ujar dia.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
28o
Kurs