Jumat, 10 Mei 2024

Pelni Umumkan Penjualan Tiket Libur Nataru Dibuka Mulai Jumat Besok

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kapal penumpang Labobar milik PT Pelni yang memberangkatkan sekitar 4.593 pemudik dari Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur menuju Surabaya, tiba di dermaga Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Minggu (18/6/2017). Foto: Dok.suarasurabaya.net

PT Persero Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyampaikan tiket kapal untuk periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 bisa diperoleh di website PELNI Mobile Apps, maupun loket kantor cabang dan mitra penjualan tiket resmi yang bekerja sama dengan Pelni, mulai Jumat (17/11/2023) besok.

“Dengan pertimbangan keamanan dan kenyamanan, tiket kapal untuk seluruh tujuan se-Indonesia sudah bisa diakses melalui PELNI Mobile Apps. Tidak perlu repot-repot lagi, cukup dari rumah atau kantor sudah bisa memesan tiket,” kata Evan Eryanto Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni, Kamis (16/11/2023) dilansir Antara.

Adapun periode Nataru 2024 ditetapkan mulai 11 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024. Puncak perjalanan diprediksi terjadi pada 22 Desember 2023 dan puncak kepulangan pada 4 Januari 2024.

Oleh karena itu, Pelni telah menyiapkan 26 kapal penumpang dan 42 kapal perintis dengan total kapasitas sebanyak 51.296 seat.

Evan juga menuturkan, pihaknya memperkirakan sepuluh rute terpadat pada Nataru antara lain Batam-Belawan, Belawan-Batam, Bau Bau-Makassar, Makassar-Bau Bau, Makassar-Surabaya, Batam-Tanjung Priok, Surabaya-Makassar, Jayapura-Biak, Balikpapan-Pare Pare, dan Sorong-Ambon.

Khusus untuk calon penumpang yang berangkat dari Jakarta, Surabaya dan Makassar hanya bisa memperoleh tiket melalui Mobile Apps maupun website yang sudah berlaku per hari Rabu (1/11/2023) lalu. Sedangkan untuk kota lain masih dapat membeli tiket di loket kantor cabang.

Lebih lanjut, meski tidak dapat lagi membeli langsung, Evan mengatakan loket di kantor cabang Pelni baik di Jakarta, Surabaya dan Makassar tetap melayani pelanggan untuk kebutuhan pengembalian dana atau refund dan pertanyaan seputar rute dan jadwal kapal, hingga keberangkatan rombongan.

Evan menyampaikan, pihak manajemen menargetkan penutupan layanan pembelian tiket melalui loket akan diperluas ke cabang lainnya pada tahun 2024.

“Untuk kota selanjutnya akan ditentukan setelah evaluasi kebijakan penutupan loket di tiga kota tadi. Kami tentu berharap transisi ini dapat berjalan dengan mulus dan dapat diterima dengan bagi oleh seluruh pelanggan kami,” pungkasnya. (ant/feb/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
27o
Kurs