Jumat, 19 April 2024
Untuk Mengendalikan Inflasi

Pemerintah Berencana Salurkan Bansos Pangan Jelang Ramadan dan Lebaran

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Leaders’ Offsite Meeting (LOM) triwulan III-2022 di Semarang, Jawa Tengah pada 13-14 Oktober 2022. Foto: Antara

Airlangga Hartarto Menteri Koordinator bidang Perekonomian mengatakan, Pemerintah segera memberikan bantuan sosial (bansos) berupa komoditas pangan menjelang Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 2023.

Dia menyebut, bansos pangan berbentuk beras, telur dan daging ayam akan diberikan selama tiga bulan kepada masyarakat, terutama di desa-desa yang menerapkan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Sudah diputuskan Pemerintah akan memberikan bantuan beras selama tiga bulan, demikian juga bantuan telur dan ayam,” ujarnya lewat keterangan tertulis, Senin (6/3/2023).

Menurut Airlangga, bansos pangan disalurkan untuk menekan inflasi akibat kenaikan harga pangan yang biasa terjadi menjelang hari besar keagamaan.

Sekarang, Pemerintah melalui kementerian terkait masih menyusun regulasinya supaya bansos pangan bisa diterima masyarakat mulai bulan Maret, April, dan Mei tahun ini.

“Ini sedang diatur regulasinya, akan diberikan dalam tiga bulan, terutama di desa-desa yang mendapatkan PKH dan bantuan pangan non tunai,” tegasnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi bulan Februari 2023 mencapai 5,47 persen (year on year).

Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga kelompok pengeluaran, antara lain kelompok makanan, minuman dan tembakau sebanyak 7,23 persen, kelompok pakaian dan alas kaki 1,18 persen, dan kelompok perumahan, air, listrik, serta bahan bakar rumah tangga 3,43 persen.

Sedangkan kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks yaitu kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sekitar 0,20 persen.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs