Sabtu, 11 Mei 2024

Pemkab Sidoarjo Siapkan Program Permodalan untuk Perajin Logam

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo saat meninjau salah satu kerajinan logam di Desa Ngingas, Jumat (18/8/2023). Foto: pemkab sidoarjo

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo menyiapkan program permodalan melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Dela Artha untuk para perajin logam.

Desa Ngingas yang dikenal dengan kreativitas dalam mengolah logam, menggelar Expo sebagai bentuk apresiasi terhadap karya-karya unggulan para perajin setempat.

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo turut mengahadiri dan membuka Expo Produk Kampung Logam di Desa Ngingas, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo pada Jumat (18/8/2023).

“Saya sangat bangga dan mendukung desa-desa di Kabupaten Sidoarjo yang memiliki keunikan-keunikan salah satunya Desa Ngingas ini,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Expo ini menampilkan beragam produk logam mulai dari alat pertamanan, alat rumah tangga, peralatan listrik dan semua yang terkait dengan logam.

Ia menyebutkan, bahwa Pemerintah Sidoarjo telah menyiapkan berbagai program untuk mendukung Industri Kecil Menengah (IKM). Salah satunya program Bantuan Keuangan (BK) yang disediakan oleh DPRD Kabupaten Sidoarjo dan permodalan Kredit Usaha Rakyat Daerah (KURDA) melalui BPR Dela Artha dengan bunga hanya tiga persen pertahun.

“Kebanyakan UMKM di Indonesia ini gagal dikarenakan dua hal, yang pertama gagal karena permodalan, yang kedua gagal karena pemasaran dan sisanya gagal dikarenakan legalitas dan bahan baku atas dasar ketiga hal tersebut. Pemerintah Sidoarjo sudah menyiapkan dukungan modal untuk IKM,” ujar Gus Muhdlor sapaan akrabnya.

Acara yang diadakan dalam rangka mempromosikan industri lokal ini juga dihadiri oleh Nasih Abdillah Anggota DPRD, Edi Kurniadi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sidoarjo. Kemudian Rudi Setiawan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan Widiyantoro Basuki Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan. (fra/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
31o
Kurs