Sabtu, 27 April 2024

Pemkot Surabaya Minta Seluruh Stan Pasar Turi Baru Buka Mulai 1 April, Nekat Tutup Kena Denda

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Audiensi Pemkot Surabaya dengan manajemen dan pedagang Pasar Turi Baru, Jumat (24/3/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Seluruh stan Pasar Turi Baru yang berjumlah 4.500 toko wajib buka serentak mulai 1 April 2023. Pedagang yang nekat tutup harus bayar denda Rp50 ribu per bulan.

Rencana pembukaan serentak itu hasil audiensi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dengan pihak manajemen dan sejumlah pedagang Pasar Turi Baru yang digelar hari ini, Jumat (24/3/2023) di Balai Kota Surabaya.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya minta seluruh pedagang membuka stannya agar mengembalikan lagi keramaian Pasar Turi Baru sekaligus membangkitkan perekonomian.

“Saya hanya ingin Pasar Turi balik ramai. Yang punya stan, saya minta, semuanya dibuka. Tanggal 1 April, saya minta semuanya buka. Saya akan bikin momen besar, tapi saya minta dibuka semua,” kata Eri saat membuka audiensi di ruang sidang Wali Kota Surabaya, Jumat (24/3/2023).

Sejumlah pedagang yang hadir, pemilik beberapa stan di Pasar Turi Baru, lanjut Eri, mengaku rela menyewakan stannya secara gratis pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai bentuk mendukung rencana kembali bangkitnya PTB.

“Tapi, kalau masih banyak yang tutup, tidak mungkin orang akan datang. Tadi kita rembuk juga dengan teman-teman manajemen, dalam satu minggu kedepan setelah tanggal 1 April, parkir akan digratiskan. Sehingga banyak orang yang akan hadir. Event-event pemkot akan saya letakkan di sana juga sehingga akan menarik orang untuk datang sampai dengan Hari Raya Idul Fitri,” bebernya.

Eri juga menjanjikan perpanjangan sewa stan Pasar Turi bagi pedagang yang mengikuti arahan buka serentak.

“Jadi kan tidak salah juga pedagang Pasar Turi ini misal perjanjian tahun sekian, tapi masuknya baru 10 tahun berikutnya karena ada masalah. Tidak adil juga jika pemkot, masa perjanjian dengan pedagangnya sampai awal tahun tapi sejak mereka masuk. Tapi sejak mereka masuk itu berarti, sejak mereka buka. Kalau dia gak buka berarti gak masuk. Aku gak bisa kasih perpanjangan 10 tahun,” beber Eri lagi.

Teddy Supriyadi General Manager Pasar Turi Baru menyebut, sejak pasar dibuka kembali pada tahun 2022 lalu hingga hari ini, hanya 15 persen stan yang buka.

“Tota per hari ini 900 dari 4.500 jadi sekitar 15 persen. Tapi pertumbuhannya tampak dari awal buka. Rata-rata kunjungan sebulan mencapai 90 ribu pengunjung,” kata Teddy.

Usai permintaan Eri, Teddy mengaku akan ngebut menghubungi seluruh pemilik stan untuk mengimbau buka serentak 1 April.

Selama ini, para pedagang yang rata-rata punya stan lebih dari satu bahkan hingga 100, belum buka seluruhnya karena beragam alasan.

“Bagi mereka yang ekonomi kelas C ya kendala biaya, kedua pedagang buka di tempat grosir lain sehingga belum bisa bagi waktu yang jaga,” terangnya.

Terkait biaya service charge 90 ribu per meter persegi, lanjut Teddy, tak jadi keluhan pedagang. Namun khusus rencana buka serentak nanti, manajemen memberi potongan hingga 50 persen bagi pemilik stan lebih dari satu.

Namun, sanksi sebesar Rp50 ribu per bulan juga wajib dibayar pedagang yang tak mau buka atau nekat tutup.

Teddy menyebut sanksi itu sudah berjalan sejak tahun lalu, namun selama ini tidak dibayar oleh pedagang karena banyak yang tetap menutup stannya. Tapi ia memastikan jumlah itu akan terakumulasi dan wajib diselesaikan ketika pengambilan buku stan.

“Tentu. Pertama denda tutup yang sekarang ditentukan nilainya 50 ribu per hari. Diluar itu juga ada wacana dengan wali kota bagi, yang gak mau, buka maka hak pakai perpanjangannya akan diperhitungkan tertentu saya belum tahu teknisnya tapi bagi yang buka akan diberi tambahan hak pakai stan selama 10 tahun, yang gak buka, tentu gak bisa sama. Kami belum putuskan akan ada kenaikan atau tidak. Salah satu syarat melunasi semua kewajiban dan tunggakan belum selesai termasuk service charge,” tandasnya. (lta/iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs