Sabtu, 24 Februari 2024

Pengusaha Harus Siap Hadapi Tantangan Ekonomi Global

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Arsjad Rasjid Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia. Foto: KADIN Indonesia

Arsjad Rasjid Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meminta pengusaha siap menghadapi tantangan perlambatan ekonomi global dan konflik geopolitik yang masih berlangsung.

“Kita jangan sampai lengah dan harus tetap waspada seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo untuk waspada, waspada dan waspada,” ujarnya dilansir Antara pada Minggu (16/7/2023).

Dia menjelaskan, walau ekonomi Indonesia dapat tumbuh kuat 5,03 persen dan Bali juga tumbuh di atas 5 persen pada kuartal I-2023, Indonesia masih menghadapi tantangan perlambatan ekonomi global dan konflik geopolitik.

Oleh karena itu, sebagai bentuk kewaspadaan, Arsjad mengajak para anggota KADIN untuk fokus menjadi mitra strategis pemerintah dalam mendukung ekonomi nasional.

“Salah satunya dengan menguatkan UMKM untuk meningkatkan ekonomi daerah dan juga nasional sesuai dengan pilar KADIN,” sebutnya.

Sementara itu, I Made Ariandi Ketua Kadin Bali menyebut fokusnya saat ini adalah menguatkan sektor di luar pariwisata.

Hal itu dilakukan supaya struktur ekonomi Bali tidak lagi bertumpu pada pariwisata dan fokus yang dikerjakan saat ini dengan mengembangkan pertanian dari hulu ke hilir berbasis pertanian organik.(ant/saf/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Sabtu, 24 Februari 2024
27o
Kurs