Rabu, 8 Mei 2024

Peringati Setahun Invasi Rusia, Ukraina Kenalkan Uang Kertas Baru

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Andriy Pyshnyi Gubernur Bank Nasional Ukraina memegang uang kertas yang didedikasikan untuk peringatan satu tahun invasi Rusia di Ukraina, selama presentasi di Kiev, Ukraina, 23 Februari 2023. Foto: Reuters/Antara

Bank sentral Ukraina pada Kamis (23/2/2023) memperkenalkan uang kertas baru pecahan 20 hryvnia (Rp8.278) untuk memperingati satu tahun invasi Rusia.

Salah satu sisi uang tersebut bergambar tiga serdadu sedang mengibarkan bendera nasional Ukraina.

Sisi lainnya menampilkan gambar dua tangan yang terikat lakban. Ini adalah kiasan tentang kejahatan perang yang menurut Ukraina dilakukan oleh pasukan Rusia.

“Untuk memperingati hari dimulainya perang tersebut, kami memutuskan untuk meluncurkan uang kertas peringatan yang akan menggambarkan emosi, pola, konten dan hal-hal ikonis,” kata Andriy Pyshnyi Gubernur Bank Nasional Ukraina, melansir Antara.

Pyshnyi mengatakan akan mengedarkan 300 ribu lembar uang baru berfitur keamanan inovatif itu.

Para pejabat bank sentral Ukraina mengatakan perlu waktu delapan bulan untuk merancang dan memproduksi uang baru tersebut.

Bank sentral juga akan menerbitkan seri uang kertas peringatan serupa untuk mengabadikan perang secara visual

Mereka mengungkapkan sedang merancang uang kertas baru untuk memperingati kemenangan dan rekonstruksi Ukraina.

“Selama tahun ini, rakyat Ukraina telah menyadari bahwa kekuatan mereka, keberartian mereka, kemampuan mereka bukan hanya untuk bertahan tetapi juga untuk menang, menang tanpa memaafkan satu pun kejahatan perang, satu pun rumah yang hancur,” kata Pyshnyi.

“Kemenangan ini akan diraih dengan pengorbanan sangat besar, tetapi hal itu akan terwujud dan menjadi milik kita,” ujarnya.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
32o
Kurs