Senin, 29 April 2024

Presiden Mendorong Pelaku Usaha Batik Rajin Membuat Karya Baru yang Menarik

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden membuka Gelar Batik Nusantara, di Senayan Park, Jakarta, Rabu (2/8/2022). Foto: Farid Suara Surabaya

Joko Widodo Presiden mengajak para pelaku industri batik perajin, desainer serta pengusaha lebih mengeksplorasi warna dan motif baru, minimal ada satu motif anyar setiap tahunnya.

Menurut Presiden, ekplorasi penting dilakukan supaya batik semakin beragam dan menarik.

Kepala Negara menilai, batik merupakan karya istimewa yang indah, serta mengandung makna dan filosofi. Bahkan, batik juga bisa dibilang sebagai wajah dan kehormatan Bangsa Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi, pagi hari ini, Rabu (2/8/2023), dalam acara pembukaan Gelar Batik Nusantara, di kawasan Senayan, Jakarta.

“Saya mengajak desainer pencinta batik dan seluruh masyarakat memanfaatkan momentum kebangkitan ekonomi kita untuk terus mengembangkan batik yang kita miliki, untuk eksplorasi warna dan motif yang baru setiap tahunnya agar batik semakin beragam dan menarik,” ujarnya.

Lebih lanjut, dengan pertumbuhan ekonomi pascapandemi Covid-19, Presiden berharap para perajin serta pengusaha batik memanfaatkan momentum untuk mengembangkan industri batik.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengapresiasi banyaknya lapangan kerja tercipta di industri batik. Artinya, batik memberikan penghasilan dan kehidupan buat banyak orang.

Sekadar  informasi, Yayasan Batik Indonesia kembali menyelenggarakan acara Gelar Batik Nusantara selama satu pekan, mulai tanggal 2 sampai 6 Agustus 2023, di Senayan Park, Jakarta.

Sebanyak 250 gerai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) batik serta kuliner dari berbagai penjuru Tanah Air berpartisipasi dalam acara rutin tersebut.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs