Minggu, 28 April 2024

PT PAL Berhasil Capai Realisasi Pendapatan Terbesar Dalam Sejarah

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Rapat umum pemegang saham tahunan PT PAL Indonesia dengan DEFEND ID, Senin (26/6/2023). Foto: Humas PT PAL

PT PAL sukses mencapai realiasasi pendapatan usaha pada tahun 2022 sebesar Rp 2,54 T atau tumbuh sebesar 38,53% dari tahun 2021 dan jadi pendapatan terbesar dalam sejarah.

Melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2022 (RUPST) bersama DEFEND.ID yang diselenggarakan Kementerian BUMN dan dipimpin oleh Direktur Utama PT Len Industri (Persero) di Jakarta, Senin (26/6/2023), untuk melihat bisnis holding BUMN industri pertahanan, termasuk PT PAL Indonesia dalam upaya mewujudkan cita-cita bersama menjadi Top 50 Global Defense Industry.

Acara tersebut dibuka oleh Indarto Pamoengkas Direktur Keuangan, Manajemen Risiko & SDM PT Len Industri (Persero).

“Mengingat semua persyaratan dalam Anggaran Dasar dan ketentuan yang berlaku telah dipenuhi, dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, saya nyatakan Rapat Umum Pemegang Saham pada hari Senin, tanggal 26 Juni 2023 pukul 15.54 WIB, secara resmi dibuka” kata Indarto.

Willgo Zainar Chief Marketing Officer (CMO) PT PAL Indonesia menyampaikan, keseluruhan kinerja serta kondisi lini bisnis perusahaan telah berhasil melakukan Realisasi Tingkat Kesehatan Perusahaan dengan menyumbang capaian aspek administrasi pada tahun 2022, serta capaian Key Performance Indicator (KPI) Tahun 2021.

Pendapatan usaha PT PAL tahun 2022 tercatat Rp 2,54 T atau tumbuh sebesar 38,53% dari tahun 2021. Hal tersebut didukung oleh, keberhasilan pembangunan kapal Frigate oleh PT PAL Indonesia serta Sewaco KCR 3 & 4 dan mendominasi pendapatan produk defense pada realisasi pendapatan produk alutsista tahun 2022 yang mencapai 100,88% dari target Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) 2022.

Tercatat adanya peningkatan pendapatan usaha tahun 2022 mengalami pertumbuhan sebesar 38,53% dari tahun 2021 dengan komposisi Alutsista sebesar 88,11%. Selain itu, Laporan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) juga dinyatakan telah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP).

Liliek Mayasari Asisten Deputi (Asdep) Bidang Industri Manufaktur mewakili Wakil Menteri BUMN I juga hadir dalam acara tersebut, dengan memberikan apresiasi kepada PT PAL Indonesia.

“Ucapan terima kasih dan apresiasi kami sampaikan kepada Dewan Komisaris, Direksi PT PAL beserta seluruh jajaran perusahaan atas dedikasi dan kerja keras selama tahun 2022, sehingga PT PAL Indonesia mampu mencatatkan peningkatan kinerja perusahaan. Ke depan, capaian kinerja perusahaan harus ditingkatkan, sehingga dapat sepenuhnya mencapai target di tengah kondisi dinamika dan tantangan bisnis yang semakin meningkat.” ujar Liliek.

PT PAL Indonesia bersama DEFEND ID optimis untuk dapat mewujudkan kemandirian industri pertahanan nasional dan mencapai Top 50 Global Defense Industry pada tahun 2024 dengan memaksimalkan implementasi Transformasi Indurstri Maritim 4.0. (fra/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs