Sabtu, 4 Mei 2024

Sandiaga Sebut Ekonomi Kreatif Indonesia akan Lampaui Korea Selatan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) saat sedang membahas ekonomi kreatif Indonesia di halaman Delta Plaza Surabaya, Sabtu (12/8/2023) malam. Foto: Frans magang suarasurabaya.net

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) yakin bahwa ekonomi kreatif di Indonesia akan bisa melampaui Korea Selatan dalam jangka waktu lima hingga sepuluh tahun ke depan.

Hal tersebut disampaikan menteri yang akrab disapa Sandi Uno dalam sebuah acara yang bertajuk “Gak Gengsi Jaga Tradisi” di Surabaya pada Sabtu (12/8/2023) malam.

“Indonesia sekarang sudah posisi tiga besar dunia. Kita ada di bawah Amerika yang terkenal Hollywood dan Korea Selatan dengan drakornya (drama korea),” ujar Sandi saat ditanya mengenai ekonomi kreatif.

Sehubungan dengan ekonomi kreatif, Sandi menyebut Indonesia saat ini sudah memiliki produk-produk yang luar biasa dan sudah menopang 7,8 persen dari ekonomi kreatif.

Sehingga dengan begitu, sekaligus menciptakan 24 juta lapangan kerja dari sektor tersebut.

“Ekonomi kreatif ini akan menjadi tulang punggung untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024,” terangnya.

Sekadar diketahui, neraca ekonomi dalam sebuah negara dapat dilihat dari jumlah tontonan masyarakat. Sandi menjelaskan, minat masyarakat akan sebuah tontonan akan dapat didata dalam sebuah balance sheet, untuk kemudian diketahui lebih banyak ketertarikan pada tayangan luar atau dalam negeri.

“Jika kita bertanggung jawab mengkonsumsi konten-konten lokal kita, maka ekonomi kreatif kita akan luar biasa potensinya. Saya yakin kita akan melampaui Korea dalam 5-10 tahun ke depan karena kita punya penduduk di atas 280 juta,” ujar Sandi.

Sandi berharap, generasi-generasi penerus bangsa dapat terus memajukan perekonomian Indonesia melalui sektor ekonomi kreatif dengan baik. Terlebih soal target Indonesia emas, imbuh sandi, yang akan menyetarakan ekonomi Indonesia dengan negara-negara adidaya lainnya.

“Saya semakin yakin bahwa kita akan mampu mencapai Indonesia emas karena anak-anak budaya Indonesia itu betul-betul kreatif, inovatif tapi tetap menjaga tradisi,” tandas Menparekraf. (fra/saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs