Rabu, 28 Februari 2024

Sandiaga Ajak Pelaku Ekraf Sidoarjo Perkuat Rantai Pasok Domestik

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sandiaga Uno Menparekraf berkeliling meninjau produk UMKM dalam acara workshop KaTa Kreatif Sidoarjo, Jawa Timur. Foto: Antara/ Kemenparekraf

Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengajak pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) memperkuat rantai pasok ekosistem ekraf dalam negeri.

“Mari perkuat rantai pasok ekosistem ekonomi kreatif kita sehingga peluang tersebut bisa kita hadirkan dalam bentuk UMKM-UMKM yang lebih berdaya, agar lapangan kerja bisa tercipta, omzetnya meningkat secara nyata, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Sandiaga dalam keterangan resminya di Jakarta yang dikutip Antara, Minggu (16/7/2023).

Kata Sandi, dalam kunjungan kerja ke berbagai daerah dia kerap mendapat aspirasi soal masih banyaknya hambatan para pelaku ekonomi kreatif saat berproduksi, baik dari segi ketersediaan bahan baku, peralatan penunjang, pemasaran, dan lainnya.

“Ini yang justru saya lihat sebagai peluang, bahwa kesulitan-kesulitan ini merupakan peluang usaha bagi para pelaku UMKM untuk dapat menghadirkan solusi terhadap hal-hal atau produk yang dibutuhkan para pelaku ekraf lainnya,” kata Menparekraf.

Karenanya, Sandiaga mengajak masyarakat memanfaatkan peluang tersebut dan menghasilkan produk-produk berkualitas internasional untuk memenuhi pasokan kebutuhan dalam negeri.

Adapun kegiatan KaTa Kreatif di Sidoarjo diharapkan memperkuat ekosistem ekonomi kreatif, sehingga pelaku ekonomi kreatif dapat meningkatkan peluang usaha.

Selain itu, juga meningkatkan kualitas produk dalam upaya memperkuat kinerja ekonomi kreatif yang ditargetkan mampu membuka 4,4 juta lapangan kerja.

Terlebih, Kabupaten Sidoarjo sebelumnya telah ditetapkan sebagai Kabupaten Kreatif melalui uji petik program Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif Indonesia (PMK3I), dengan subsektor kuliner ditetapkan sebagai unggulan sekaligus penghela dari subsektor ekonomi kreatif lain.

“Mari perkuat rantai pasok ekosistem ekonomi krearif kita sehingga peluang tersebut bisa kita hadirkan dalam bentuk UMKM-UMKM yang lebih berdaya agar lapangan kerja bisa tercipta, omzetnya meningkat secara nyata, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Rabu, 28 Februari 2024
26o
Kurs