Sabtu, 27 April 2024

Tarif Tol Waru-Juanda Segera Naik 500 Sampai 1.000 Rupiah

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Situasi di pintu Tol Waru-Juanda. Foto: Istimewa.

PT Citra Margatama Surabaya (CMS) sebagai pengelola ruas tol Waru-Juanda resmi menaikkan tarif baru. Tujuannya untuk meningkatkan layanan tol kepada pengguna jalan.

Gatot Hadi Sumardiono Kepala Departemen Humas PT CMS mengatakan kenaikan tarif ini berlaku untuk semua golongan kendaraan. Misalnya untuk golongan I kalau ingin melintas dari Simpang Susun Waru (Menanggal) hingga Bandara Juanda tarifnya menjadi Rp9.000, sebelumnya Rp8.500.

Berikut tarif baru tol ruas Simpang Susun Waru Bandara Juanda:
Gol I : Rp 8.500 menjadi Rp 9.000
Gol II : Rp 12.500 menjadi Rp 13.500
Gol III : Rp 12.500 menjadi Rp 13.500
Gol IV : Rp 17.000 menjadi Rp 18.000
Gol V: Rp 17.000 menjadi Rp 18.000.

Kata Gatot penyesuaian tarif tol tengah kota ini sudah sesuai dengan amanah UU 2/2022 perubahan UU 38/2004 tentang jalan. Bahwa evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan laju inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Gatot menjelaskan, layanan minimal itu mulai dari kondisi jalan, kecepatan tempuh rata-rata, aksesibilitas, mobilitas, keselamatan, unit pertolongan/penyelamatan dan bantuan penyelamatan hingga lingkungan sudah dipenuhi.

“Kami sudah memenuhi SPM hingga peningkatan kualitas jalan atau beautifikasi. Kami rutin melakukan pemeliharaan perkerasan jalan, dan pengecatan concreate barrier,” ujar Gatot, Senin (27/2/2023).

Selain itu juga terus dilakukan perbaikan dan pengecatan guardrail, perbaikan sarana rambu-rambu lalu-lintas dan penanaman pohon guna penghijauan di sepanjang jalan Tol.

Namun, Gatot belum menyebut kapan pemberlakuan tarif itu mulai berlaku. Dia hanya menyebut tarif itu berlaku dalam waktu dekat dengan besaran tarif yang sudah ditetapkan.

Oleh sebab itu, Gatot mengatakan pihaknya bakal melakukan sosialiasi penyesuaian tarif untuk jalan tol sepanjang 12,8 kiloneter ini. Tol yang menembus langsung hingga gerbang Bandara Juanda dan Kawasan Industri SIER.

Sebagai infirmasi, jalan Tol Waru-Juanda adalah jalan bebas hambatan yang menghubungkan langsung ke Bandara Internasional Juanda, kawasan Industri Rungkut Surabaya, arteri primer Middle East Ring Road atau MERR hingga Kenjeran dan Jembatan Suramadu.

Tol Waru-Juana juga terkoneksi dengan ruas Jalan Tol Surabaya Gempol dan Surabaya Mojokerto atau Tol Trans Jawa. Bisa menuju tujuan manapun sehingga berperan serta mendorong pertumbuhan wilayah transportasi publik dan percepatan logistilk.(wld/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs