Minggu, 19 Mei 2024

Mendag Nyatakan Mayoritas Harga Pangan Menurun Jelang Lebaran

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Zulhas Mendag RI mengecek ketersediaan beras Bulog di Warung TPID Pasar Genteng Surabaya, Senin (4/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net Ilustrasi - Zulkifli Hasan Mendag RI saat mengecek ketersediaan beras Bulog di Warung TPID Pasar Genteng Surabaya, Senin (4/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan (Mendag) menyebut bahwa sebagian besar harga pangan cenderung mulai turun khususnya di daerah Pulau Jawa dan Sumatera, menjelang Idulfitri 1445 Hijriah.

“Kita syukuri hari ini sudah masuk ke-21 bulan Suci Ramadan, alhamdulillah harga (pangan) cenderung turun sebagaimana tadi disampaikan oleh Plt BPS,” ucap Zulkifli Hasan dilansir Antara, Senin (1/4/2024).

Zulhas mengaku bahwa dirinya hampir setiap pagi mengunjungi sejumlah pasar yang ada di wilayah Pulau Jawa dan menemukan sejumlah harga mulai turun.

“Dan sebagaimana juga saya hampir setiap pagi ke pasar, hampir setiap pagi. Terutama Jawa Barat, Sumatera, kecenderungan harga sudah mulai turun,” ujarnya.

Ia menyebut, harga beras di sejumlah pasar yang ada di Jawa dan Sumatera rata-rata turun sekitar di angka Rp1.000 hingga Rp3.000 per kilogram. Beras kini dijual hampir mendekati harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Menurut Zulhas, turunnya harga beras, karena saat ini sudah memasuki panen. Dia mendapat informasi dari Kementerian Pertanian bahwa volume panen di bulan ini mencapai 3,8 juta ton. Akan melebihi dari kebutuhan bulanan secara nasional hanya 2,5 juta ton.

Sedangkan untuk komoditas lainnya, seperti daging ayam juga turun., saat ini harga daging ayam rata-rata mencapai Rp40.000 ribu per kilogram. Sedangkan untuk harga telur ayam sudah mencapai Rp28.000 hingga Rp27.000 per kilogram.

Selain itu, Zulhas juga mengapresiasi kerja dari Satgas Pangan Polri yang terus mengawal, sehingga penyaluran pangan berjalan lancar di masyarakat. Satgas Pangan mampu mencegah tindakan-tindakan pelanggaran pangan, seperti penimbunan dan lain sebagainya.

Dia mengaku sudah berapa kali menghadapi Lebaran, termasuk natal dan tahun baru, dimana selalu berjalan lancar dan harga selalu bisa dikendalikan dengan baik.

Meski begitu, Zulhas mengimbau agar semua pihak tetap mewaspadai potensi meningkatkan permintaan pangan jelang Lebaran dan pasca-Lebaran.

“Kita harus tetap waspada, karena minggu-minggu ini tentunya permintaan akan melonjak, karena sudah mendekati Lebaran. Dan tentu juga setelah hari Lebaran, kita juga harus tetap waspada karena banyak yang libur Lebaran, banyak yang mudik. Tidak hanya harga tinggi dan turun, tetapi harga murah juga harus kita perhatikan,” tandasnya.(ant/man/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
25o
Kurs