Kamis, 16 Mei 2024

Flyover Aloha Sidoarjo Kembali Dibuka untuk Menunjang Mudik Lebaran 2024

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Fly Over Aloha Jalur B dilewati kendaraan mobil dari arah juanda saat tahap uji fungsional jembatan, Jumat (15/12/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net Fly Over Aloha Jalur B dilewati kendaraan mobil dari arah juanda saat tahap uji fungsional jembatan, Jumat (15/12/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo melalui Dinas Perhubungan Sidoarjo mengumumkan akan segera membuka Flyover Aloha (FO) di momen Mudik Lebaran 2024.

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo menyatakan, FO Aloha akan kembali dibuka mulai Selasa (2/4/2024) pada pukul 10.00 WIB. Kemudian kembali ditutup Jumat (19/4/2024) pukul 10.00 WIB.

Mengenai rekayasa lalu lintas selama FO Aloha Sidoarjo kembali beroperasi, Pemkab Sidoarjo mengaku sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN).

“BBPJN Jawa Timur – Bali sudah mengumumkan dan berkoordinasi dengan kami terkait adanya rekayasa arus lalu lintas untuk mudik nanti,” ujar Gus Mudhlor sapaan akrabnya dalam keterangan yang diterima, Minggu (31/3/2024).

Fly Over Aloha mulai memasuki tahap uji fungsional jembatan, Jumat (15/12/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net
Fly Over Aloha mulai memasuki tahap uji fungsional jembatan, Jumat (15/12/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Selain berkoordinasi dengan BBPJN, pembahasan soal rekayasa lalin juga dilakukan bersama Polresta Sidoarjo untuk memastikan keamanan dan kelancaran operasional FO Aloha.

“Ini diharapkan dapat memperlancar akses pemudik dalam perjalanan mereka menuju kampung halaman untuk merayakan Lebaran di tahun ini,” tuturnya.

Bupati Sidoarjo itu juga mengimbau kepada para pemudik supaya mematuhi rambu lalu lintas di kawasan FO Aloha yang sudah terpasang untuk menjaga keselamatan selama perjalanan.

“Tetap berhati-hati di jalan, patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada untuk keselamatan bersama,” ujarnya.

Progres pembangunan Flyover Aloha yang sudah mencapai 86 persen pada November 2023. Foto: Pemkab Sidoarjo untuk suarasurabaya.net

Sebagai informasi apabila pengendara dari arah Kota Surabaya akan menuju ke Juanda harus putar balik ke arah sisi selatan kemudian melewati FO Aloha Jalur A.

Sementara pengendara dari arah Juanda yang akan masuk ke Kota Surabaya lewat FO Aloha Jalur B. Sedangkan dari Arah Sidoarjo jika menuju ke Juanda bisa langsung naik ke Jalur A.

Kemudian pengendara dari arah Sidoarjo yang ingin menuju ke Surabaya bisa melewati frontage jalur luar dan jalur dalam FO Aloha.

Aris Purwanto Manajer Konstruksi Proyek Flyover Aloha mengimbau kepada pengendara dari arah Sidoarjo yang menuju Surabaya supaya memanfaatkan frontage dalam, atau sisi kanan FO Sidoarjo-Juanda yang sudah disiapkan. Tujuannya untuk mengurai kepadatan.

“Bagi pengendara dari Sidoarjo menuju Surabaya itu gak harus ngambil lajur kiri yang frontage (luar) itu. Bisa yang frontage dalam,” ujar Aris.

Petugas kepolisian memberikan arahan kepada para pengguna jalan tepat di bawah rambu fly over Juanda-Aloha pada Desember 2023. Foto: Satker BBPJN Jatim-Bali

Sebelumnya, pada Kamis (4/1/2024) kemari Aris mengungumkan FO Aloha akan kembali ditutup untuk kembali melanjutkan proyek pengerjaan yang belum selesai.

Penutupan FO Aloha tersebut bertujuan untuk menyelesai sejumlah proyek yang belum selesai. Seperti, rigid jalan di sepanjang 220 meter dari arah Sidoarjo menuju Surabaya.

“Itu tepatnya dari depan PLN sampai pintu masuk Desa Bangah (Gedangan, Sidoarjo) itu yang harus kita selesaikan,” ucap Aris.

Selain itu, kata Aris, pihaknya juga harus menyelesaikan Glassfiber Reinforced Concrete (GRC) yang ada di sisi luar FO, sejumlah marka jalan, tutup manhole, serta petutup lampu FO.(wld/iss)

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
33o
Kurs