Rabu, 29 Mei 2024

Mendag Pastikan Ketersediaan Stok Pangan Jelang Ramadan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan (Mendag) saat melakukan tinjauan harga serta pasokan pangan di pasar tradisional Kangkung. Bandarlampung, Jumat (8/3/2024). Foto : Antara Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan (Mendag) saat melakukan tinjauan harga serta pasokan pangan di pasar tradisional Kangkung. Bandarlampung, Jumat (8/3/2024). Foto : Antara

Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan (Mendag) memastikan bahwa menjelang Ramadan stok pangan tersedia di berbagai pasar di daerah untuk memenuhi konsumsi masyarakat.

“Kita lihat stok barangnya di pasar tradisional, salah satunya di Pasar Kangkung ini banyak, seperti ayam, telur, beras, cabai, bawang merah, bawang putih. Jadi tidak perlu khawatir menjelang Ramadan pangan pasti tersedia,” katanya seperti dilansir Antara, Jumat (8/3/2024).

Ia mengatakan, upaya menjaga keterjaminan ketersediaan pangan di pasaran oleh pemerintah akan terus dilakukan untuk menjaga konsumsi masyarakat selama Ramadan.

“Untuk harga pangan rata-rata mulai mengalami penurunan, seperti bawang putih harganya sudah di bawah standar yakni Rp36 ribu per kilogram, bawang merah masih murah juga berkisar Rp30 ribu per kilogram, cabai turun ke harga Rp58 ribu per kilogram,” tambahnya.

Ia melanjutkan, menjelang Ramadan ini pemerintah akan terus berupaya menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di pasaran dengan bekerjasama bersama pihak terkait.

“Yang terpenting menjelang Ramadan ini adalah barangnya ada di pasaran untuk dikonsumsi masyarakat,” jelasnya.

Tanggapan lain mengenai harga pangan di pasaran dikatakan oleh Sutrisno, salah seorang pedagang pasar tradisional.

“Kalau cabai merah besar saat ini harganya masih berkisar Rp68 ribu per kilogram, sedangkan cabai rawit Rp70 ribu per kilogram, bawang putih Rp35 ribu per kilogram. Untuk jumlah ketersediaannya masih cukup banyak,” katanya.

Ia juga mengatakan, menjelang Ramadan kali ini dipastikan pasokan pangan di pasar tradisional tetap tersedia.

“Aman untuk menjelang Ramadhan pasokan masih ada dan terus masuk ke sini,” pungkasnya. (ant/dan/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
28o
Kurs