Minggu, 28 April 2024

Rupiah Tergelincir Menjadi Rp15.830 per Dolar AS pada Rabu Pagi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Petugas menunjukkan mata uang Rupiah dan Dolar AS di pusat sebuah bank di Jakarta. Foto: Antara Ilustrasi - Petugas menunjukkan mata uang Rupiah dan Dolar AS di pusat sebuah bank di Jakarta. Foto: Antara

Nilai tukar (Kurs) Rupiah terhadap Dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu (27/3/2024) pagi, tergelincir 37 poin atau 0,24 persen menjadi Rp15.830 per Dolar AS dari penutupan perdagangan sebelumnya sebesar Rp15.793 per Dolar AS.

Kemerosotan ini ditengarai karena Dolar AS rebound setelah data pesanan atau penjualan barang tahan lama Amerika Serikat (AS) yang lebih baik dari perkiraan.

“Rupiah diperkirakan akan melemah terhadap dolar AS yang rebound setelah data penjualan barang tahan lama AS yang jauh lebih kuat dari perkiraan,” kata Lukman Leong analis mata uang dilansir Antara.

Data penjualan barang tahan lama AS untuk Februari 2024 naik 1,4 persen dibandingkan dengan perkiraan 1,1 persen dan – 6,9 persen bulan lalu.

Selain itu, bank sentral AS atau The Fed tidak memperkirakan akan menurunkan suku bunga sampai mereka memiliki keyakinan yang lebih besar bahwa inflasi bergerak secara berkelanjutan menuju 2 persen.

Lukman memperkirakan Rupiah bergerak ke arah Rp15.750 per Dolar AS sampai dengan Rp15.850 per Dolar AS. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version