Minggu, 28 April 2024

Antrean Capai 18 Tahun, DPR akan Kaji Ulang UU Haji

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Petugas membantu jamaah haji berusia lanjut untuk naik bis kloter kedua pemberangkatan calon jamaah haji Embarkasi Surabaya, Sabtu (22/8/2015). Foto: Denza suarasurabaya.net.

Dewan Perwakilan Rakyat menilai Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji masih perlu disempurnakan. Terutama mengenai antrean jamaah haji yang saat ini sudah mencapai 10 sampai 18 tahun.

Kuswiyanto, Anggota Komis VIII DPR RI mengatakan antrean ini harus dipangkas karena dengan waktu antrean selama itu, akan banyak jamaah calon haji yang baru bisa berangkat di usia renta.

Menurutnya, ada banyak hal yang menyebabkan lamanya antrean, diantaranya jalur ibadah haji khusus, adanya dana talangan haji dan penurunan kuota haji dari pemerintah Arab Saudi.

“Terkait pembatasan keberangkatan jamaah calon haji yang hanya diperbolehkan tiap 10 tahun sekali juga akan kami kaji kembali, terutama bagi pendamping haji. Menurut kami, cukup pendamping dari KBIH saja, tidak usah dari pemerintah karena mereka lebih paham,” katanya kepada Radio Suara Surabaya, Minggu (23/8/2015).

Kuswiyanto menambahkan, pihaknya juga akan membahas masalah penyimpanan dan pengelolaan dana haji oleh Kemenag agar mudah diakses publik. “Bagaimana sampai berangkat tetap ada di rekening pribadi, agar tau jumlahnya berapa, tinggal nambah berapa,” katanya.(iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs