Sabtu, 27 April 2024

Jamaah Haji Sakit Terkendala Pemulangan

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan

Ahmad Dumyathi Bashori Sejumlah Staf Teknik Haji (STH) 1 mengatakan, jamaah haji sakit asal Indonesia kini masih tertahan di Arab Saudi karena masih terkendala birokrasi pemulangan ke Indonesia.

“Ini masalah perlindungan jamaah yang tidak bisa ditunda,” kata Dumyathi seperti dilansir Antara, Kamis (20/10/2016).

Dia mengatakan, kendala pemulangan jamaah haji yang dihadapi adalah adanya perubahan mekanisme pemulangan dengan maskapai penerbangan Saudia yang seharusnya mengangkut jamaah yang bersangkutan.

Menurut dia, mekanisme pemulangan jamaah sakit dari pihak maskapai Saudia cenderung birokratis dan menimbulkan kendala. Hal tersebut menyulitkan proses pemulangan jamaah sakit asal Indonesia kendati mereka sudah mendapatkan Formulir Informasi Medis (MEDIF) dari rumah sakit di Saudi.

Mekanisme baru, kata Dumyathi, adalah tiket pemulangan jamaah ke Tanah Air harus mendapatkan persetujuan dari otoritas maskapai Saudia di Jakarta. Peraturan itu berbeda dari sebelumnya yang menggunakan sistem penggantian uang (reimburse) tiket.

Sistem lama terkait tiket sendiri memungkinkan Kantor Urusan Haji Indonesia (KUHI) di Arab Saudi untuk menalangi biaya tiket untuk kemudian diganti bayar oleh maskapai Saudia.

“Mekanisme baru ini lamban dan tidak praktis, padahal jamaah sakit harus diterbangkan segera,” kata Dumyathi.

Dia mengatakan, sedikitnya ada 19 orang jamaah sakit asal Indonesia dan 12 di antaranya yang sudah diperbolehkan pulang masih tertahan di Saudi akibat belum kunjung mendapatkan kepastian penerbangan ke Indonesia.

Dr Abdul Karim Petugas Kesehatan Haji mengatakan, sejumlah jamaah sudah layak untuk pulang karena kondisi kesehatannya memungkinkan untuk melakukan perjalanan udara.

Abdul mengatakan sejumlah jamaah juga sudah mendapatkan rekomendasi untuk pulang dari rumah sakit setempat tetapi belum kunjung berangkat karena terganjal masalah tiket.

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs