Jumat, 26 April 2024

Menjaga Haji Mabrur Setelah di Tanah Air

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Nizar Ali Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama mengatakan salah satu indikator ibadah haji seseorang diterima oleh Allah (mabrur) adalah meningkatnya kesalehan dan empati terhadap orang-orang dalam lingkungannya.

Dan seorang yang hajinya mabrur harus mampu menjaga status itu hingga akhir hayatnya, bukan hanya selama berada di Tanah Suci saja, katanya kepada Media Center Haji di Mekkah, Senin (27/8/2018).

Oleh karena itu dia berpesan kepada jamaah haji Indonesia agar berusaha meningkatkan dan memperbaiki ibadah, baik ibadah mahdhah (murni) maupun ibadah sosial, sesampainya di Tanah Air.

“Itulah kemabruran yang sudah melekat dalam dirinya, karena itu menjadi sangat penting. Jadi indikatornya sejauh mana dia, porsi intensitas ibadahnya meningkat atau tidak,” kata Nizar seperti dilansir Antara.

“Agar kesalehan sosial itu juga ditunjukkan oleh mereka,” katanya.

Dia juga mendorong jamaah haji memperbanyak sedekah kepada warga sekitarnya setelah kembali ke Tanah Air agar kemabruran hajinya terjaga.

“Ini adalah simbol dari rasa empati sosial kepada orang yang membutuhkan dalam makna yang luas,” kata dia.

Nizar mengatakan seorang haji yang mabrur akan memberikan manfaat bagi lingkungannya, memberikan bantuan kepada yang membutuhkan.

Ia menambahkan bahwa mabrurnya haji seseorang juga terwujud dalam kedamaian hati dan ketenangan jiwa, yang membuat sang haji tidak lagi khawatir dan takut dengan apa yang dia hadapi.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs