Minggu, 26 Mei 2024

Foto Selfie Dihapus, Bisa Diambil Kembali

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Data dan foto, termasuk foto selfie telanjang, yang sudah dihapus dari ponsel pintar ternyata masih bisa diambil kembali.

Proses ini berhasil dilakukan oleh perusahaan keamanan komputer Ceko, Avast, dengan menggunakan perangkat lunak yang banyak tersedia di internet.

Avast, bisa mengambil data berupa email, Short Message Service (SMS), dan data pencarian di Google. Data dan foto-foto tersebut diambil dari 20 ponsel pintar (smartphone) bekas yang dibeli Avast di situs lelang eBay.

Secara keseluruhan Avast menemukan 40.000 foto, yang mana 750 di antaranya foto wanita dengan ‘pakaian minim’ dan 250 selfie ‘telanjang yang memperlihatkan alat kelamin’. Selain itu, juga ditemukan 750 surat elektronik dan 250 kontak lengkap dengan alamat email.

“Menghapus foto atau data dari ponsel Android sebelum ponsel ini dijual atau diberikan ke orang lain, tidak cukup untuk menjamin bahwa foto tersebut benar-benar hilang,” jelas Avast seperi dilansir bbc.co.uk.

Para pakar keamanan memperingatkan, satu-satunya cara menghapus foto atau data lain dari ponsel ini adalah dengan menghancurkan ponsel tersebut.

Menanggapi temuan ini, Google yang memiliki sistem operasi Android mengatakan, penelitian Avast tidak mencerminkan tingkat keamanan yang dimiliki ponsel Android dewasa ini. Google menyarankan pemilik Android untuk mengaktifkan enkripsi sebelum ponsel dikembalikan ke pengaturan asli (facotory reset).(bbc/nin/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
30o
Kurs