Minggu, 5 April 2020
Diskusi SS Today

Inilah Ciri-Ciri Gadget Replika

Laporan oleh Larasati Putri Ayuningtyas
Bagikan

Secara fisik, gadget replika dan asli hampir tidak bisa dibedakan, namun tidak perlu khawatir ada beberapa tips dari Oki Tri Hutomo, Pakar Teknologi Informasi dan SSnetters dalam kolom #Diskusi e100 untuk mengenali gadget replika.

Pertama, untuk mengetahui keaslian gadget dilihat dari kartu garansi resmi. “Produk asli pastinya memiliki garansi resmi, jika tidak kita bisa curiga produk itu palsu atau tiruan,” terang Oki.

Kedua, sensitifitas layar dan daya tahan baterai. Kata Oki mumnya, pada awal pemakaian layar masih sensitif dan baterai masih optimal tapi, dalam waktu yang singkat kinerja layar dan baterai akan menurun.

Oki menambahkan, ciri ketiga gadget replika bisa dilihat secara fisik. Misalnya, finishing plastik atau injection yang tidak menarik. “Biasanya, tidak rapi finishingnya bahkan peletakan juga salah, ”

Beberapa netters yang punya pengalaman dengan gadget replika, juga mengemukakan pendapatnya tentang ciri-ciri gadget replika.

Akun Indra Hadi, memaparkan 4 ciri-ciri gadget replika, antara lain , (1) Kualitas lcd biasanya jelek, rapuh, mudah pecah, (2) Read Only Memory (ROM) yang terpasang biasanya hanya ROM yang asal jadi saja, yang penting android dan berjalan, tapi untuk kedepannya, banyak masalah ROM ini bermasalah sehingga device gagal booting, (3)Garansi yang ditawarkan umumnya pendek, tidak lebih dari 3 bulan atau bahkan tidak ada garansi karena memang devicenya sendiri kualitasnya sangat rendah,
(4) Mayoritas spesifikasi yang ditawarkan tidak sesuai dengan realitas, banyak iming-iming dari software benchmarking seolah2 device tersebut memiliki kemampuan sama seperti aslinya, padahal software tersebut sudah dimodifikasi sehingga menampilkan angka tertentu,

Menambahkan pendapat Indra Hadi, akun Heru Dhimaz menuliskan ciri-ciri gadget replika salah satu merk smartphone mahal keluaran Korea, (1).Biasanya perbedaan terletak pada Air gesture, air gesture itu mengarah pada 1 arah, biasanya kanan. kalo di arahkan ke kiri, tetap saja layar mengarah ke kanan, 2. Kualitas Video, kalo yang asli gambar tajam kualitasnya dan suaranya terdengar lebih jernih, (3)Paling gampang dari Garansi dan Buku garansinya. kalo misalnya dia garansi resmi, (4). Pada waktu reboot, akan keluar nama brand, jika saat gambar itu keluar kondisinya ngadat, hampir pasti itu palsu. Kalo animasinya mulus/tanpa ngadat 85% itu ori.

Gadget replika memang menjadi alternatif bagi konsumen yang ingin stylish, tapi kita juga harus jadi konsumen yang teredukasi agar tidak salah pilih. (ras/rst)

Foto : Ilustrasi Gadget Replika dan asli

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Korban Rumah Roboh di Ketintang

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Surabaya
Minggu, 5 April 2020
26o
Kurs