Minggu, 29 Mei 2022

Pemanfaatan TIK Untuk Kampus Sangat Strategis

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk perguruan tinggi sangat penting dan strategis.

Dengan memanfaatkan TIK, sebuah perguruan tinggi atau kampus akan mempunyai banyak keuntungan yang tidak dimilik kampus lain yang belum tersentuh dunia teknologi informasi dan komunikasi.

Richardus Eko Indrajit Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom) mengatakan, diantara keuntungan pemanfaatan TIK, melindungi tindakan plagiat pada karya-karya ilmiah yang dihasilkan akademisi dan mahasiswa di kampus yang sudah ramah IT.

“Selain itu pemanfaatan TIK juga akan membantu kegiatan belajar mengajar dan membantu komunikasi antara dosen dan mahasiswa agar lebih mudah,” jelas Eko, Selasa (15/4/2014).

Manfaat lain dari penggunaan TIK di perguruan tinggi, untuk meningkatkan kapasistas kampus dengan e-learning dan sistem belajar jarak jauh.

“Kampus juga bisa bekerja sama dengan lembaga sertifikasi dengan mudah lewat pemanfaatan TIK,” ujar Eko.

Dikatakan Eko, dengan pemanfaatan TIK itu, sekarang ini juga sudah ada kampus yang bisa memberikan dua gelar sekaligus, karena mahasiswanya menggunakan sistem IT yang dirancang untuk menghubungkan dua kampus yang berbeda dengan jalinan kerjasama.

Penggunaan TIK di kampus menurut Eko, juga bisa membantu mahasiswa dan dosen untuk bisa lebih terbuka dalam pengelolaan sistem manajeman di kampus, sehingga ada transparasi yang bisa dipantau semua pihak dengan jelas tanpa ada rekayasa.

Memaksimalkan penggunaan TIK menurut Eko, juga akan membuat efisiensi di semua bidang kegiatan yang ada di kampus, termasuk akan merubah budaya dan kebiasaan orang yang jelek menjadi lebih baik dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. (tas/ipg)

Teks Foto :
– Richardus Eko Indrajit Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom).
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 29 Mei 2022
27o
Kurs