Jumat, 19 Agustus 2022

Nelpon Cuma Voice itu Masa Lalu, VoLTE itu Kekinian

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
ilustrasi

Teknologi voice over Long Term Evolution (VoLTE) adalah teknologi komunikasi dalam hal ini komunikasi secara langsung melalui perangkat gadget, masa depan yang jika disematkan pada perangkat komunikasi menjadikan komunikasi tidak sekedar suara.

“Anak muda sering bilang, kalau nelepon cuma suara, itu masa lalu. Sekarang yang dahsyat adalah nelpon dengan suara dan gambar. Teknologi VoLTE adalah teknologi komunikasi masa depan,” ujar Muhammad Cahyadi Regional Head East Java Bali Lombok PT Smartfre Telecom.

Cahyadi lebih jauh menceritakan pengalamannya menelpon ketika berada di tanah suci Mekah saat melaksanakan umrah. Bersama ribuan umat Islam yang hadir disana, Cahyadi menyempatkan diri melihat habit mereka.

Ternyata dari pantauannya, ada dua jenis aktivitas menelepon yang disaksikannya. Yang pertama adalah adanya habit mereka yang menelepon dengan menempelkan gadget pada telingan sambil berbicara.

Sedangkan kelompok yang kedua, dan jumlahnya lebih banyak dibanding kelompok yang menggunakan gadget saat menelepon dengan menempelkannya ditelinga, adalah mereka yang menelepon tetapi menggunakan perangkat gadgetnya didepan bagian wajah mereka.

“Kelompok yang kedua itu adalaah mereka yang perangkat komunikasi atau gadgetnya sudah menggunakan teknologi VoLTE, karena satu diantara keunggulan teknologi itu adalah tampilan visual, seperti video, selain suara tentu saja,” kata Cahyadi, Kamis (3/3/2016).

VoLTE adalah cara berkomunikasi terdepan di era 4G. Dengan kualitas suara yang sangat jernih serta memungkinkan penggunaan video call hanya dengan menggunakan opso video pada layar.

Dan keunggulan dari teknologi itulah yang kemudian diadopsi Smartfren untuk disematkan pada Andromax R2 dan Andromax E2. Dan keunggulan gadget canggih itu dapat dinikmati di 85 kota di Indonesia.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Jumat, 19 Agustus 2022
29o
Kurs