Minggu, 29 November 2020

Gelang Corona, Lacak Pergerakan Pasien ODP atau PDP

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Bentuk Gelang Corona karya tim mahasiswa PENS membantu melacak pergerakan pasien ODP atau PDP. Foto: Humas PENS

Satu di antara upaya membantu melacak pergerakan pasien dengan status ODP atau PDP di saat pandemi Covid-19 ini, Jumat (22/5/2020) tim mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ciptakan inovasi Gelang Corona (Gena).

Gelang Corona yang digarap Rizky Benniah A.G, Muhammad Billit Shotta Purana, dan Muhammad Rijal Al Fariz, merupakan satu diantara karya yang lolos 5 besar dalam ajang PENS Innovation Competition (PIC) 2020.

Rizky Benniah menyampaikan bahwa inovasi tersebut sebagai jawaban banyaknya masalah pasien yang memiliki status ODP, PDP apalagi OTG, dan secara tidak jujur menutupi statusnya.

Padahal seharunya melakukan karantina mandiri dirumah sehingga tidak terlacak jika tiba-tiba keluar rumah seperti ke kantor atau nekad berbelanja atau pergi ke suatu tempat tanpa pemberitahuan sebelumnya.

“Teknologi Gena berbasis GPS yang dapat dapat melacak pasien seperti memantau keberadaan, lokasi akurat pasien dan status pasien tersebut menggunakan gelang atau tidak menggunakannya,” terang Rizky Benniah.

Sebagai satu di antara upaya melacak saat pasien melepas gelang, maka tim Gena mempersiapkan web khusus yang memang disiapkan untuk melakukan pemantauan aktifitas dan posisi di mana pasien berada.

“Web tersebut secara khusus terintegrasi pada gelang yang dipakai pasien, dapat memunculkan alert pemberitahuan jika gelang tersebut dilepas dan muncul juga data dari pasien. Sehingga, pasien dapat dikonfirmasi, di mana posisinya,” tambah Rizky.

Rizky Benniah bersama tim Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berharap Gelang Corona (Gena) karya mereka memberikan kontribusi dalam pencegahan meluasnya kasus penularan Covid-19 dan alat ini dapat diapresiasi serta mendapat dukungan dari masyarakat dan Rumah Sakit.

“Kami berharap Gelang Corona berguna untuk ikut mencegah meluasnya penyebaran Covid-19, dan mendapat dukungan masyarakat dan rumah sakit. Kami juga berharap Gelang Corona bisa dikembangkan lagi dan dapat diproduksi massal,” kata Rizky.

Sementara itu PENS Innovation Competition (PIC) 2020 merupakan sebuah even atau kegiatan tahunan kemahasiswaan PENS untuk mendukung dan menciptakan karya inovasi para mahasiswa. Secara khusus tahun ini PIC memilih tema: Inovasi Mahasiswa PENS Melawan Covid-19.(tok/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Hujan Deras di Balonggebang Nganjuk

Kemacetan di Perak Barat

Kecelakaan di Simpang Empat Mertex Mojokerto

Surabaya
Minggu, 29 November 2020
25o
Kurs