Rabu, 24 April 2024

Tim ITS Raih Perunggu di WINTEX 2020, Manfaatkan Kulit Mangga

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Perangkat pengolah kulit mangga yang digunakan tim platinum ITS. Foto: Humas ITS

Rubah ekstrak kulit mangga jadi agen inhibitor korosi logam SS-304 ramah lingkungan, Platinum tim mahasiswa ITS cetak prestasi. Raih perunggu di ajang internasional World Invention and Technology Expo (WINTEX): Indonesia Inventors Day (IID) 2020 kategori the International STEM-based Innovation Competition.

Penelitian yang berjudul Ekstrak Kulit Mangga sebagai Agen Penghambat Korosi pada Logam SS304 tersebut digagas oleh tim yang berasal dari Departemen Kimia, Fakultas Sains dan Analitika Data ITS dan diketuai oleh Ahnaf.

Empat anggotanya adalah Tiara Mahendra Kurniawati, Ulfa Miki Fitriana, Hafildatur Rosyidah, dan Mohamad Ikbal Pangestu. Satu diantara anggota tim Platinum, Mohamad Ikbal Pangestu, menjelaskan bahwa gagasan untuk menciptakan inhibitor lewat ekstrak kulit mangga tercetus setelah tim Platinum melihat fakta lapangan, bahwa kulit mangga tidak banyak diolah dan berakhir menjadi sampah organik.

Hal tersebut dimanfaatkan oleh Tim Platinum untuk membuat zat yang dapat memperlambat laju korosi. “Kita menggunakan kulit mangga karena kulit mangga sering dibuang dan menjadi limbah organik begitu saja,” terang Ikbal.

Alasan Tim Platinum memilih kulit mangga karena mengandung senyawa flavonoid. Yakni merupakan kelompok senyawa bioaktif yang banyak ditemukan pada bahan makanan yang berasal dari tumbuhan, dan salah satu sumber flavonoid terbanyak adalah kulit mangga. Berdasarkan keterangan Ikbal, flavonoid merupakan salah satu jenis antioksidan dan bisa berperan dalam menghambat laju korosi.

“Nah dengan adanya antioksidan itu maka pengaratan (korosi) bisa ditahan, sehingga kulit mangga bisa menjadi inhibitor untuk laju korosi,” papar mahasiswa yang juga menjabat sebagai public relations di tim robot terbang Bayucaraka ITS.

Ikbal juga memaparkan terkait kesulitan yang dihadapi tim Platinum selama mengikuti kompetisi WINTEX tersebut. Menurutnya, tantangan terbesar bagi tim adalah terkait dengan komunikasi dan koordinasi tim karena kegiatan lomba dilaksanakan secara daring. “Tantangan terbesar bagi kami selama mengikuti kompetisi ini adalah komunikasi dan koordinasi antar tim yang sepenuhnya harus dilakukan secara online,” kata Ikbal.

Meskipun ada kendala komunikasi dan koordinasi tersebut, Ikbal menjelaskan bahwa eksperimen
dan pengolahan data terkait ekstrak kulit mangga sudah dilaksanakan sebelum adanya pandemi
yang menyebabkan perkuliahan secara daring. “Hal itu dikarenakan pada awalnya kami sudah berniat mengikuti kompetisi yang serupa secara luring yaitu Shanghai Expo,” tegas Ikbal, Senin (30/11/2020).

Penelitian yang sempat diusung sebagai topik dalam Program Kreativitas Mahasiswa-Penelitian
(PKM-P) 2018 lalu dan berhasil mendapat pendanaan tersebut juga pernah meraih medali emas di ajang ingternasional sebelumnya. Yakni di ajang Korea International Women’s Invention Exposition (KIWIE) 2020 lalu.

Ikbal yang juga mahasiswa angkatan 2018 itu berharap agar inovasi terkait zat inhibitor dari ekstrak kulit mangga ciptaan timnya tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya untuk
inhibitor korosif terhadap logam.(tok/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs