Rabu, 6 Juli 2022

Android 13 Sediakan ‘Taskbar’ dan ‘Multiwindow’ untuk PC

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi Android 13. Foto: xiaomiui.net

Google mulai fokus mengembangkan fitur untuk perangkat-perangkat layar luas. Hal itu ditandai dengan pengembangan Android 13 yang masih dalam tahap uji coba para pengembang aplikasi dengan menghadirkan fitur ‘taskbar’ dan ‘multiwindow’.

Pengembangan itu diperkirakan khusus untuk Android yang bekerja di personal computer (PC) maupun laptop.

Melansir XDA Developers yang dikutip Antara, Minggu (20/3/2022), fitur ‘taskbar’ pada Android 13 seperti mengadopsi tampilan taskbar Windows di PC karena ditampilkan di bawah layar.

Terdapat peningkatan juga berupa taskbar aplikasi yang sebelumnya ada di Android 12L. Nantinya, di Android 13 lebih mudah diakses dengan opsi yang terletak di sebelah kanan layar tempat notifikasi dan pengaturan cepat berada.

Masih dalam versi pengembangan Android 13, ada juga fitur ‘multiwindow’. Kalau sebelumnya pengguna harus membuka satu-satu aplikasi yang dimilikinya, dalam versi Android 13 bisa dua aplikasi berjalan beriringan dalam satu layar.

Meski baru ditujukan untuk pembaruan di PC dan laptop, diharapkan pembaruan serupa bisa juga diterima oleh para pengguna Android dari perangkat tablet, seiring makin banyaknya orang beralih menggunakan tablet untuk alasan fungsionalitas.(ant/wld/rid)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
31o
Kurs