Kamis, 25 April 2024

Mengenal Tiga Fitur Baru yang Muncul di Android 12

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi Android 12. Foto: 9to5google

Google diperkirakan akan membahas lebih lanjut soal sistem operasi Android 12 pada pertemuan untuk pengembang Google I/O yang akan digelar tanggal 18-20 Mei mendatang.

Android 12, dikutip dari laman Cnet yang dilansir Antara pada Kamis (13/5/2021), sudah diperkenalkan pada Februari lalu. Banyak yang berpendapat sistem operasi ini mirip dengan Android 11.

Cnet mencoba Android 12 untuk versi pengembang dan menemukan tiga hal baru yang ada di sistem operasi tersebut.

Pertama, berupa fitur-fitur untuk privasi semakin banyak ditemui di Android 12, namun, tidak seketat kebijakan privasi terbaru Apple di iOS 14.

Salah satunya, Google akan menjelaskan soal bagaimana mereka menggunakan cookies di berbagai situs.

Kedua, Google mengubah tampilan notifikasi sehingga terlihat lebih modern sekaligus fungsional.

Begitu mengklik notifikasi, pengguna langsung akan dibawa masuk ke aplikasi tersebut bukan lagi ke peringatan sebelum membuka aplikasi.

Android 12 juga akan memberi fitur baru untuk mematikan notifikasi yang dianggap tidka penting dalam periode waktu tertentu. Fitur lainnya, notifikasi akan diatur berdasarkan urutan seberapa sering menggunakan sebuah aplikasi.

Terakhir, pembaruan di mode one-handed alias pengoperasian dengan satu tangan. XDA Developer mendapati perubahan kolom pencarian atau Search di bagian bawah sehingga lebih mudah diakses.(ant/dfn/tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs