Jumat, 19 April 2024

Mahasiswa FTMM Unair Ubah Vespa Klasik Jadi Bertenaga Listrik

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Vespa Listrik inovasi kolaborasi mahasiswa dan dosen FTMM Unair. Foto : Humas Unair

Enam mahasiswa Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya berhasil menciptakan inovasi motor Vespa listrik, hasil kolaborasi antara dosen dan mahasiswa.

Rizky Nur Rachman Mahasiswa teknik elektro 2020 menjelaskan, kolaborasi dimulai dari ajakan Dr Cand Yoga Ut, satu di antara dosen FTMM untuk mengubah motor Vespa tua di rumahnya menjadi motor listrik.

“Akhirnya dosen mengajak kami untuk mengubah motor itu menjadi motor listrik. Biar bisa dikendarai seperti motor listrik zaman sekarang,” ujarnya, Rabu (2/3/2022).

Lima Mahasiswa FTTM Unair buat inovasi Vespa listrik. Foto : Humas Unair

Pembuatan motor listrik sendiri dimulai pada pertengahan Desember, dan memakan waktu dua bulan. Rizky bersama dengan 5 mahasiswa lainnya harus melakukan pembongkaran seluruh mesin motor, dan menggantinya dengan listrik.

“Inovasi motor listrik itu di Indonesia belum terlalu banyak. Masih dipunyai beberapa perusahaan dan beberapa kampus yang sudah mulai mengerjakan. Kami berpikir ini hal baru dengan mengubah Vespa biasa menjadi Vespa listrik,” jelasnya.

Meski sudah bisa dikendarai, Rizky berharap hasil inovasi itu dapat didaftarkan untuk mendapat STNK.

“Karena sebelumnya motor itu pakai mesin biasa, dan sekarang pakai listrik. Jadi belum terdaftar,” tambahnya.

Selain Rizky, terdapat lima mahasiswa prodi Teknik Elektro angkatan 2020 lain yang ikut terlibat, yakni Bareno Fawwaz Rachmadhani, Muhammad Khosyi Salmahuda, Rayhan Akbar Xavier, Nengah Satya Atmana Wijaya, serta Ahmad ‘Afien Zidan. (bil/ipg/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs