Selasa, 5 Juli 2022

Spotify Uji Coba Fitur “Car Mode” Terbaru

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Spotify Car Thing. Foto: Antara

Spotify dikabarkan tengah mengujicobakan fitur “Car Mode” terbarunya kepada beberapa pengguna dan menjanjikan pembaruan yang lebih nyaman. Hal itu dikonfirmasi pihak Spotify.

“Kami bisa mengonfirmasi bahwa kami memang tengah melakukan uji coba ‘Car Mode‘ yang baru kepada beberapa pelanggan. Selama masa tes itu kami menantikan respon dari mereka sebelum kami rilis secara lebih luas,” kata Juru Bicara Spotify mengutip Antara yang melansir TechCrunch, Minggu (27/3/2022).

Sekadar informasi, Spotify sebelumnya sempat mengumumkan menghilangkan sementara tampilan khusus untuk mode otomotifnya yang dulu dikenal dengan nama “Car View”.

Meski demikian, perusahaan teknologi tersebut berjanji akan mencari cara menawarkan pengalaman baru untuk para penggunanya.

Supaya pengalaman berkendara bersama Spotify memiliki sensasi yang menarik lewat fitur baru yang tengah dikembangkannya.

Fitur “Car Mode” dari Spotify akan menyediakan pengalaman mendengarkan konten audio yang lebih efektif daripada sebelumnya.

Tapi, sampai sekarang masih belum diketahui secara pasti kapan fitur itu dirilis secara global.

Selain fitur yang tengah dikembangkan dari segi perangkat lunak, Spotify juga sempat merilis perangkat keras pertamanya bernama “Car Thing” di AS secara terbatas.

Perangkat itu ditujukan untuk pelanggan Spotify Premium dan pemilik kendaraan yang tidak memiliki sistem “infotainment built-in“.

Perangkat keras itu menawarkan akses yang lebih mudah ke Spotify, seperti Apple CarPlay atau Android Auto.

Spotify menyebut produk “Car Thing” akan tersedia pada November 2022 seharga 89,99 dolar AS. Car Thing nantinya bisa terhubung dengan aplikasi seluler Spotify di ponsel pengguna.

Kemudian, perangkat itu dihubungkan melalui sinyal seluler ponsel (atau Wi-Fi, jika tersedia) untuk mengalirkan musik atau podcast pungguna melalui sistem suara mobil. Perangkat itu bekerja dengan USB, Bluetooth dan sambungan Aux.

Pengguna dapat mengakses layanan dengan mengatakan “Hi Spotify” kemudian mengetuk layar sentuhnya, memutar tombol, atau menggunakan salah satu dari empat tombol prasetel di bagian atas pemutar.

Spotify juga dapat diintegrasikan dengan Google Assistant untuk mendengarkan musik dan podcast secara “handsfree” saat mengemudi.

Fitur tersebut juga terintegrasi dengan Google Maps sehingga pengguna dapat menavigasi sambil mendengarkan Spotify. Untuk mengaktifkannya, pengguna dapat menautkan akun Spotify dan mengatakan “Hi Google, mainkan Spotify“.(ant/wld/rid)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
31o
Kurs