Sabtu, 20 April 2024

Tesla Ingin Ciptakan Pengisian Daya EV Nirkabel

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi - Seorang petugas menghubungkan kabel pengisi daya ke kendaraan listrik (EV) di stasiun pengisian daya. Foto : Antara

Produsen otomotif yang fokus pada pengembangan kendaraan listrik asal Amerika Serikat, Tesla tengah berjuang untuk menghadirkan pengisian daya nirkabel seperti yang ada pada ponsel pintar.

Menurut Lars Moravy kepala desainer perusahaan Franz von Holzhausen dan VP Teknik Kendaraan, pengisian daya nirkabel saat ini sedang dalam pengerjaan.

“Oh, kami sedang mengerjakan pengisian daya induktif. Jadi Anda tidak perlu mencolokkan apa pun pada saat itu. Anda cukup menarik garasi Anda, berkendara di atas pad, dan Anda sedang mengisi daya,” kata Holzhausen, yang dilansir Antara, Selasa (19/12/2023).

Tesla telah menunjukkan prestasi seperti itu sebelumnya pada pertemuan dengan investor Maret 2023. Meski begitu, pernyataan itumenjadi konfirmasi langsung yang didapatkan dari para eksekutif perusahaan mereka sedang mengembangkan perangkat pengisi daya nirkabel.

Perangkat pengisi daya nirkabel diperkirakan tidak akan mengubah durasi pengisian daya kendaraan listrik. Hal itu akan menjadi keunikan tersendiri karena para pemilik tidak perlu lagi menempatkan port pengisian daya mobil di sisi yang sama dengan pengisi daya dinding.

Pengisian daya nirkabel akan dapat menjadi perubahan besar jika produsen teknologi menyediakan fasilitas itu di tempat parkir umum, seperti area pengisian daya umum untuk kendaraan listrik saat ini.(ant/and/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs