Rabu, 19 Januari 2022

Dioperasi Gratis, Penderita Bibir Sumbing Tersenyum

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Penderita bibir sumbing, mulai dari anak-anak hingga dewasa yang telah mendaftar untuk ikut dalam kegiatan operasi gratis dalam rangka Bhakti Sosial yang digelar PPCI (Persatuan Penyandang Cacat Indonesia) Kabupaten Lumajang, akhirnya mendapatkan kesempatan emas.

Dimana, mereka akhirnya mendapatkan kesempatan dioperasi gratis oleh tim dokter yang disediakan PPCI Kabupaten Lumajang bekerjasama dengan Forum Pekerja Sosial Masyarakat (FK-PSM) Kabupaten Lumajang dan didukung juga oleh Pemkab Lumajang.

“Operasi gratis bagi penyandang bibir sumbing ini, digelar di RSUD dr Haryoto Lumajang. Dengan tim dokter yang didatangkan langsung dari Semarang, Surabaya dan Mojokerto,” kata Yuli Haris Kasi Informasi Humas Pemkab Lumajang kepada Sentral FM, Kamis (3/4/2014).

Dalam kegiatan ini, awalnya yang mendaftarkan melalui PPCI Kabupaten Lumajang sebanyak 20 orang pasien. Usianya anak-anak hingga dewasan. Dari pendaftaran ini, akhirnya dilakukan pemeriksaan medis di RSUD dr Haryoto Lumajang oleh tim dokter yang telah dipersiapkan.

Namun hasil dari pemeriksaannya, hanya 15 orang yang siap untuk dilakukan operasi saat itu juga. Karena, 5 penderita bibir sumbing lainnya dari pemeriksaan, ada yang terdeteksi mengalami flu, kelainan jantung dan demam. Sehingga, operasi dibatalkan untuk mereka.

Selanjutnya, ke-15 penderita bibir sumbing yang siap operasi ini, satu-persatu ditangani tim dokter yang bertugas. Secara bergantian mereka dimasukkan ke ruang operasi khusus hingga penanganannya selesai.

Tidak membutuhkan waktu lama bagi masing-masing penderita bibir sumbing untuk memperbaiki kembali estetika bagian mulut yang selama ini mengalami sumbing. Setelah mereka keluar dari ruang operasi, estetika wajah mereka pun relatif sempurna kembali. Dan, para penderita bibir sumbing yang telah menjalani operasi, bisa tersenyum manis lagi.

“Kegiatan bhakti sosial bagi penyandang cacat ini, akan dilaksanakan secara rutin oleh PPCI dengan dukungan Pemkab Lumajang. Dimana, kegiatannya tidak hanya untuk operasi bibir sumbing saja. Beberapa waktu lalu dilaksanakan operasi untuk katarak, pembuatan kaki palsu dan lainnya,” jlentreh Yuli Haris.

Yang menjadikan kegiatan ini dinilai sangat positif untuk masyarakat, ungkap Kasi Informasi Humas Pemkab Lumajang ini, para penderita atau peserta kegiatan bhakti sosial ini adalah dari kalangan warga miskin. Mereka-mereka yang sebelumnya tidak mampu untuk mendapatkan pengobatan, kemudian dibantu melalui kegiatan ini.

“Bahkan, kegiatan ini tidak ditentukan bagi warga Lumajang saja, karena warga dari luar daerah bisa ikut serta mendaftar dan mendapatkan bantuan yang sama,” pungkas Yuli Haris. (her/tok)

Teks Foto :
-Operasi bibir sumbing yang digelar dalam rangka bhakti sosial PPCI Lumajang.
Foto : Sentral FM.

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Rabu, 19 Januari 2022
25o
Kurs