Jumat, 24 Mei 2024
Urus Administrasi Pemulangan Jenazah TKI

Tim Kemenlu Temui Keluarga TKI Winarti yang Dibunuh di Mesir

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Kamis (28/5/2015), menugaskan dua pejabat fungsionalnya untuk menemui keluarga Winarti binti Musiyar, TKI asal Dusun Krajan, Desa Kebonsari, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang yang tewas terbunuh di Mesir.

Pejabat yang datang, masing-masing Hernawan Bagaskoro Abid dan Dimirin, keduanya pejabat fungsional diplomat di Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI.

Keduanya bertemu dengan keluarga besar Winarti dengan didampingi Agus Sulistyono, Kasi Penempatan dan Pelatihan (Penlat) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lumajang serta Kapolsek Yosowilangun AKP Budi Setyono, Kamis (28/5/2015) sekitar pukul 10.00 WIB.

Kepada pihak keluarga, Hernawan Bagaskoro Abid yang akrab disapa Awang, menyampaikan duka cita atas nama pemerintah atas meninggalnya TKI Winarti. “Maksud kedatangan Kemenlu RI ke rumah kediamaan almarhum TKI Winarti untuk ikut berbela sungkawa. Selain itu, kami ingin mengurus administrasi untuk pemulangan almarhumah agar bisa lancar,” katanya ketika dikonfirmasi Sentral FM.

Hanya saja untuk proses pemulangan jenazah TKI Winarti, Awang tidak bisa memberikan penjelasan kapan dilakukan. Karena, sejauh ini masih ada proses hukum yang tengah ditangani kepolisian Kairo-Mesir. Sehingga hal ini yang menjadi kendala percepatan pemulangan jenazahnya.

“Apalagi, ini kan peristiwa pembunuhan. Sehingga otomatis jenazahnya masih dibutuhkan oleh pihak otoritas setempat, dalam hal ini kejaksaan dan kepolisian El Aguza, Mesir. Namun, kami akan memastikan juga bahwa perkara ini akan dijalankan dengan adil sesuai hukum yang dijalankan di negara setempat,” paparnya.

Awang juga menjelaskan, bahwa Kemenlu menugaskannya untuk menemui keluarga TKI Winarti, karena data-data menyangkut identitasnya dalam dokumentasi negara.

“Kami belum mendapatkan data dia secara resmi. Kami kroscek ke Disnaker tidak mendapatkan data. Sehingga kami memastikan ia berangkat bekerja ke Mesir diluar prosedur resmi,” pungkas Awang. (her/ipg)

Teks Foto :
– Hernawan Bagaskoro Abid dan Domirin pekabat Kementerian Luar Negeri RI menemui keluarga TKI Winarti binti Musiyar di rumah duka didampingi staf Disnakertrans Kabupaten Lumajang dan Kapolres Yosowilangun AKP Budi Setyono.
Foto : Sentral FM

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Jumat, 24 Mei 2024
32o
Kurs