Jumat, 19 Agustus 2022

Kangen Penampilan Barry Likumahuwa, Nantikan Kejutannya di NJTF 2022

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Barry Likumahuwa bakal tampil di Navy Jazz Traffic Festival, Sabtu, 14 Mei 2022 di Villa Navy Residence, Lawang, Malang. Grafis: Didik suarasurabaya.net

Masih ingatkah Anda dengan sosok Barry Likumahuwa?

Yah, bagi pecinta musik jazz di Tanah Air, sosok yang satu ini pasti sudah tidak asing.

Bagaimana tidak, dibesarkan dalam keluarga musisi, membuat pria bernama lengkap Elseos Jeberani Emanuel Likumahua itu, tumbuh menjadi seorang bassist yang diperhitungkan di Indonesia, khususnya dalam skena musik jazz.

Karir dan prestasinya di industri musik Indonesia bahkan global, terbilang sangat moncer. Barry bahkan pernah meraih dua penghargaan, yakni ‘1st Winner of Indonesia Music Festival, Bass Category Held by Fender’ dan ‘Best Bassist Asian Beat Festival, Jakarta Final’ yang keduanya didapatkan pada tahun 2003.

Setelah sebelumnya merilis album ‘Octonary’ di tahun 2016, pada tahun 2019 Barry sukses merilis single yang bertajuk ‘Never Asked For’ berkolaborasi dengan Farrel Hilal seorang penyanyi muda berbakat.

Sementara itu, pada Juni 2021 lalu, Putra dari mendiang Benny Likumahuwa yang dikenal sebagai maestro jazz  terkemuka di Indonesia itu, bahkan memberikan tribut khusus untuk mengenang setahun kematian sang ayah, Barry merilis sebuah double single yang berjudul ‘Dear Pops’.

Tentunya, penampilan dari musisi yang pernah bermain sebagai bass player mendiang Glenn Fredly, akan menjadi salah satu pengisi yang siap memberikan kejutan di Navy Jazz Traffic Festival (NJTF) di Villa Navy Residence, Lawang, Kabupaten Malang, pada Sabtu, 14 Mei 2022 mendatang.

Penampilan Barry Likumahuwa ini nantinya menjadi kesekian kalinya dalam gelaran Jazz Traffic Festival yang hampir tidak pernah absen.

Barry sebelumnya pernah menghibur penonton dalam gelaran Bistar Jazz Traffic Festival di Atlantis Land Kenjeran Surabaya pada 14 September 2019.

Barry Likumahuwa saat tampil di panggung MLD Stage Bistar Jazz Traffic Festival 2019. Foto: JTF 2019

Barry Likumahuwa bersama Rima (Renew Mind and Attitude) juga pernah tampil di panggung IndiHome Jazz Traffic Festival pada 25  Agustus 2018 di Grand City Convex, Surabaya.

Barry Likumahuwa dalam IndiHome Jazz Traffic Festival 2018, Sabtu (25/8/2018). Foto: suarasurabaya.net

Selain itu Barry Likumahuwa juga pernah menghentak di panggung PP Properti Jazz Traffic Festival Beyond Space pada 28 Agustus 2016 di Grand City Convex, Surabaya.

Barry Likumahuwa saat tampil di Exhibition Hall dalam PP Properti Jazz Traffic Festival 2016, Minggu (28/8/2016). Foto : Dukut suarasurabaya.net

Barry Likumahuwa bahkan pernah tampil juga di Jazz Traffic Festival pada tahun 2014 di Grand City Convex, Surabaya.

Penampilan Barry Likumahuwa (kiri) di JTF 2014. Foto : Dok. suarasurabaya.net

Untuk diketahui, selain Barry Likumahuwa gelaran Navy Jazz Traffic Festival 2022 juga akan menampilkan sederet musisi papan atas, yakni Dewa 19 feat Virzha juga, Padi Reborn, Tulus Reza Artamevia, Syaharani and Queenfireworks serta sejumlah artis lainnya.

Selain konser musik, juga digelar pameran produk UKM Jawa Timur, serta akan menghadirkan kejutan lain, yakni pameran Alutsista TNI AL, demonstrasi Aeorobatik Bonanza Puspenerbal dan penerjunan pasukan khusus Kopaska TNI AL Koarmada II.

Tentang Jazz Traffic

Jazz Traffic sendiri awalnya adalah program siaran di Radio Suara Surabaya yang sudah mengudara sejak tahun 1983. Bahkan, Bubi Chen sang virtuoso musik jazz internasional dari Surabaya pernah terlibat dalam siaran Jazz Traffic sejak tahun 1985 sampai akhir hayatnya pada tahun 2012.

Saat ini, siaran Jazz Traffic tidak hanya memperdengarkan komposisi-komposisi jazz, tapi juga mengenalkan sub genre Jazz Tradisional, Free Jazz, hingga Jazz Kontemporer. Selama 37 tahun mengudara, Jazz Traffic telah membentuk komunitas-komunitas jazz yang solid, tidak hanya di Kota Surabaya, tapi juga kota-kota lain di Indonesia.

Program Jazz Traffic yang dibidani Errol Jonathans ini, lantas diabadikan dalam sebuah acara live performance para musisi jazz Indonesia bertajuk Jazz Traffic Festival (JTF).

Event Jazz Traffic Festival tahun ini merupakan gelaran kesepuluh kalinya sejak tahun 2011, setelah sempat vakum pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Jumat, 19 Agustus 2022
29o
Kurs