Jumat, 20 Mei 2022

Sukses Terlaksana dengan Prokes, NJTF 2022 Penanda Kebangkitan Ekonomi Pascapandemi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Para pengunjung menyaksikan atraksi pesawat Bonanza dilangit NJTF, Sabtu (14/5/2022). Foto: Panitia NJTF

Pelaksanaan Navy Jazz Traffic Festival (NJTF) 2022 yang bertempat di Villa Navy Residence (VNR), Lawang, Malang, Jawa Timur, Sabtu (14/5/2022), sukses menghibur para penikmat musik.

Sederet artis dan musisi beraliran jazz, rock, pop, folk dan orkestra, tampil all out menghibur penonton di panggung yang sudah tersedia di lokasi.

Dari siang sampai malam hari, mereka yang merindukan atmosfer hiburan musik selama pandemi Covid-19, terbayar lunas di NJTF 2022.

A-linea 8 membuka acara musik NJTF 2022. Band yang beranggotakan Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah itu membawakan lagu ciptaan Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II TNI AL.

Fusion Jazz Community, Surabaya All Star, dan Orange dari komunitas Surabaya Pahlawan Jazz (SPJ) mendapat ruang berekspresi di atas panggung, untuk menghibur jazz lovers yang hadir di NJTF 2022.

Sore menjelang senja, Barry Likumahuwa dan Syaharani & Queenfireworks yang bergenre jazz juga tampil impresif walau area VNR diguyur hujan.

Dua grup musik yang beranggotakan TNI AL, Pavoiseren dan Indonesian Navy Orchestra pun menarik perhatian penonton. Dalam aksi panggungnya, mereka kompak memakai seragam TNI AL.

Selepas waktu Salat Maghrib, Laksamana Muda Iwan Isnurwanto Pangkoarmada II bersama Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur membuka secara simbolis NJTF 2022.

Kemudian, Pangkoarmada II yang punya hobi menyanyi dan menciptakan lagu duet dengan Fadly Vokalis Padi Reborn dan Virzha Vokalis Dewa 19 yang jadi band penutup.

Di panggung yang lain, Reza Artamevia dan Tulus menjadi magnet buat para penonton. Bahkan, Teman Tulus sebutan penggemar Tulus yang mayoritas perempuan rela berdesakan di area panggung demi menyaksikan langsung penampilan idolanya.

Bukan cuma musik, NJTF 2022 juga menyuguhkan atraksi akrobatik udara Rajawali Laut Flight Puspenerbal TNI AL dengan Pesawat Beechcraft Bonanza, dan aksi penerjun udara Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL sebagai pembuka.

Berbagai lapak makanan minuman dan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga ada di NJTF 2022. Dengan begitu, para penonton tidak perlu khawatir kekurangan asupan, dan pelaku usaha mendapat keuntungan dari produk yang laris terbeli.

Dalam konferensi pers, Laksda TNI Iwan Isnurwanto mengapresiasi gelaran Navy Jazz Traffic Festival 2022 yang sangat ditunggu-tunggu penggemar musik, dan berbagai kalangan masyarakat.

“Masyarakat sudah menantikan geliat hiburan musik dan hadirnya bazar dan  UMKM yang berjumlah ratusan tenant di Villa Navy Residence,” ujarnya dalam keterangan pers, Sabtu (14/5/2022) malam.

Lebih lanjut, Iwan menegaskan acara Navy Jazz Traffic Festival di VNR dilaksanakan dengan pengawasan standar protokol kesehatan (prokes).

Sebelumnya, Laksamana TNI Yudo Margono Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) juga menyatakan dukungannya pada acara NJTF 2022 lewat pesan yang dibacakan Pangkoarmada II.

Suksesnya NJTF juga diharapkan berdampak positif pada upaya pemulihan ekonomi nasional, selepas pandemi Covid-19.

“Terima kasih kepada masyarakat yang sudah hadir di acara NJTF yang diadakan Koarmada II Surabaya bekerja sama dengan Suara Surabaya Media. Pemerintah telah menetapkan kebijakan melaksanakan pemulihan ekonomi nasional mengambil bagian aktif melalui bidang masing-masing,” ucapnya.

Sementara itu, Eddy Prastyo Manager Produksi Suara Surabaya Media menyampaikan beberapa hal terkait keberlangsungan Navy Jazz Traffic Festival di Villa Navy Residence.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pengunjung kalau gelaran NJTF 2022 tidak sesuai dengan ekspektasi. Namun, seluruh keputusan yang diambil sudah mempertimbangkan banyak hal, supaya penyelenggaraan ini berhasil,” katanya.

Usai acara, seluruh panitia dan pihak yang terlibat dalam pelaksanaan NJTF 2022 mengucapkan terima kasih sekaligus berharap tahun depan bisa menggelar acara serupa lebih baik lagi.

Tentang Jazz Traffic

Jazz Traffic awalnya adalah program siaran di Radio Suara Surabaya yang sudah mengudara sejak tahun 1983. Bubi Chen sang virtuoso musik jazz internasional dari Surabaya pernah terlibat dalam siaran Jazz Traffic sejak tahun 1985 sampai akhir hayatnya pada tahun 2012.

Sekarang, siaran Jazz Traffic bukan cuma memperdengarkan komposisi jazz, tapi juga mengenalkan subgenre Jazz Tradisional, Free Jazz, hingga Jazz Kontemporer. Selama 37 tahun mengudara, Jazz Traffic telah membentuk komunitas-komunitas jazz yang solid di Kota Surabaya dan kota-kota lain di Indonesia.

Program Jazz Traffic yang dibidani Errol Jonathans lantas diabadikan dalam sebuah acara live performance para musisi jazz Indonesia bertajuk Jazz Traffic Festival (JTF).

Event Jazz Traffic Festival tahun ini merupakan gelaran kesepuluh kalinya terhitung dari tahun 2011. JTF sempat vakum dua tahun (2020-2021) karena pandemi Covid-19.(rid/dfn)

Berita Terkait

Surabaya
Jumat, 20 Mei 2022
31o
Kurs