Rabu, 17 Agustus 2022

Bimbasi Unesa Kunjungan Jurnalistik ke Suara Surabaya Media

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Bimbasi Unesa saat melihat proses produksi berita di suarasurabaya.net, Selasa (3/8/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebanyak 16 mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang tergabung dalam tim Bimbingan Sebaya Mahasiswa (Bimbasi) melakukan kunjungan jurnalistik ke Radio Suara Surabaya (SS) pada Rabu (3/8/2022).

Mahasiswa yang mengenakan jas almamater kampus berwarna biru dongker itu merupakan perwakilan dari masing-masing fakultas di Unesa, mulai dari angkatan 2019 hingga 2021. Mereka berkeliling studio dan ruang kerja di Suara Surabaya untuk mengetahui cara memproduksi berita dan penyiarannya.

Ary Kusuma Dewi (36) pendamping tim Bimbasi Unesa menjelaskan, bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk belajar jurnalistik dan broadcasting, karena organisasi itu memiliki program siaran yang dikemas dalam bentuk podcast. Selama mengikuti kunjungan, ia mengaku banyak hal baru yang dipelajarinya.

“Yang dipelajari dari SS ada beberapa hal, mulai dari pengelolaan Instagram, cara untuk memberitakan sesuatu, good news harus good news, bad news harus bad news. Itu bisa jadi bahan baru buat kami, karena kami baru, sosial media baru, podcast juga baru,” ucapnya.

Kunjungan Bimbasi Unesa saat kunjungan ke Suara Surabaya, Rabu (3/8/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Setelah melakukan kunjungan ini, mereka memiliki proyek terdekat, yakni membuat pelatihan kompetensi untuk meningkatkan kualitas public speaking dan juga penanganan masalah di Bimbasi.

Sementara itu, Ibrahim Muhammad (21) salah satu mahasiswa yang juga tergabung dalam Bimbasi, menceritakan kesannya setelah mengunjungi Suara Surabaya.

“Sangat memuaskan, karena diberi pemahaman cara untuk menyampaikan pesan dan berita di radio secara rinci dan bagus,” ucapnya.

Setelah menyelesaikan keliling studio dan mendapat materi, ia berharap dapat mempraktikkannya di Bimbasi dalam program barunya, yakni podcast.(ris/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Rabu, 17 Agustus 2022
26o
Kurs