Rabu, 6 Juli 2022

Dewan Pers Verifikasi Media Siber Suara Surabaya

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Dari kiri ke kanan: Irwan Hidayat Sekretariat Dewan Pers, Ahmad Jauhar Ketua Komisi Penelitian, Pendataan & Ratifikasi Pers Dewan Pers, Eddy Prastyo Pemimpin Redaksi Suara Surabaya dan Asmono Wikan anggota Dewan Pers saat verifikasi media siber www.suarasurabaya.net, Selasa (17/5/2022). Foto: Chandra Suara Surabaya

Dewan Pers hari ini, Selasa (17/5/2022) datang ke Suara Surabaya Centre dengan agenda untuk memverikasi www.suarasurabaya.net, media siber milik Suara Surabaya Media.

Agenda hari ini Dewan Pers diwakili oleh Ahmad Jauhar Ketua Komisi Penelitian, Pendataan & Ratifikasi Pers Dewan Pers, Irwan Hidayat Sekretariat Dewan Pers dan Asmono Wikan anggota Dewan Pers. Sedangkan dari Suara Surabaya, Dewan Pers disambut oleh Eddy Prastyo Pemimpin Redaksi, Supingah dan Restu Indah sebagai supervisor dan Ady Priyanto perwakilan divisi RnD.

Ahmad Jauhar, yang ditemui usai proses verikasi mengatakan, sebenarnya www.suarasurabaya.net tidak perlu diverifikasi karena Radio Suara Surabaya sudah disertifikasi oleh Dewan Pers.

“Tapi karena saya penasaran nama besarnya Suara Surabaya, makanya saya mau diajak untuk verifikasi. Karena sudah pernah diverifikasi otomatis hari ini cuma cek kelengkapan administratif aja,” ujarnya.

Nantinya, kata Jauhar, hasil verifikasi akan dibahas di Pokja Dewan Pers.

Saat ditanya lebih lanjut bagaimana proses verifikasi hari ini, ia memuji Suara Surabaya Media sebagai media yang sudah mapan.

“Secara overall ini sudah oke, sudah settle. Sebenarnya media yang ideal ya seperti ini, mampu membangun fasilitas yang lebih seperti yang diharapkan,” ujarnya.

Ia turut menyampaikan, verifikasi Dewan Pers merupakan amanat Undang-undang kepada masyarakat pers nasional untuk mendapatkan informasi yang dapat dipertanggung jawabkan.

“Verfikasi sangat penting karena itu amanat masyarakat pers nasional bahwa media harus diverifikasi kelayakan usahanya sperti apa. Kalau SS ini sudah lebih dari layak,” pungkasnya.(dfn)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
27o
Kurs