Sabtu, 21 Mei 2022

UK Petra dan Suara Surabaya Media Kolaborasikan Transformasi Digital Akademi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Jajaran rektorat Universitas Kristen Petra Surabaya bersama Tim Suara Surabaya Media di Ruang Komunal SSC, Kamis (7/4/2022). Foto: Tim redaksi suarasurabaya.net

Universitas Kristen Petra Surabaya berkesempatan mengunjungi Suara Surabaya Media untuk berbagi pengalaman di era transfromasi digital serta merumuskan berbagai gagasan kolaborasi untuk dunia pendidikan.

Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito Rektor Universitas Kristen (UK) Petra menyampaikan tantangan perguruan tinggi di tengah pandemi adalah persoalan menyikapi perubahan di era transformasi digital serta memanfaatkan ruang digital untuk dikapitalisasi.

“Tujuan kami berkunjung ke sini tentunya untuk belajar kepada teman-teman media tentang transformasi digital dan ternyata Suara Surabaya sudah menyikapi transformasi ini sejak jauh di awal,” kata Djawantoro di Radio Suara Surabaya, Kamis (7/4/2022).

Prof. Djwantoro Hardjito Rektor Universitas Kristen Petra saat mengudara di ruang siaran Radio Suara Surabaya, Kamis (7/4/2022). Foto: Tim redaksi suarasurabaya.net

Djawantoro membagikan pengalaman soal transformasi UK Petra di era digital ini, dengan di bawah wewenangnya dia telah melakukan merger tiga fakultas menjadi satu.

Menurutnya, kebijakan merger fakultas adalah upaya menghadapi tantangan di masa mendatang supaya menciptakan kolaborasi yang lebih besar antar keilmuan.

“Tiga fakultas tersebut di antaranya Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Seni dan Desain dimerger menjadi Fakultas Humaniora Industri Kreatif (FHIK),” ujar Djwantoro.

Tidak hanya melihat proses siaran secara langsung di ruang gatekeeper, civitas akademik UK Petra juga menyampaikan beberapa gagasan ide kolaborasi dengan Suara Surabaya Media salah satunya dari Juliana Anggono Wakil Rektor Bidang Akademik.

“Mahasiswa kami itu banyak sekali yang melakukan penelitian dalam bidang apapun, namun kebermanfaatannya belum bisa dirasakan secara langsung sehingga itu yang bisa diharapkan ke depan untuk berkolaborasi dengan Suara Surabaya Media,” tutur Juliana.

Wahyu Widodo Direktur Bisnis Suara Surabaya Media (kiri), Djwantoro Hardjito Rektor Universitas Kristen Petra (tengah), Eddy Prastyo Manager Produksi Suara Surabaya (kanan) Kamis (7/4/2022). Foto: Tim redaksi suarasurabaya.net

Senada dengan yang disampaikan Juliana, Djwantoro juga menambahkan bahwa dirinya berharap UK Petra bisa berkolaborasi dengan Suara Surabaya Media dalam mengejawantah produk penelitian mahasiswanya.

Sedangkan pada kesempatan yang sama Wahyu Widodo Direktur Bisnis Suara Surabaya Media mengatakan apabila proses-proses komunikasi disampaikan dengan baik maka kebermanfaatan akan dirasakan oleh publik.

“Komunikasi yang baik adalah kegiatan yang sederhana namun dampaknya sangat besar, bahkan kita bisa melahirkan cerita-cerita local hero kepada publik, jadi semoga ke depannya ada rencana baik antara Suara Surabaya dengan UK Petra yang bermanfaat bagi publik,” jelas Wahyu Widodo.

Eddy Prastyo Manager Produksi Suara Surabaya juga turut memberikan respon, menurutnya penelitian adalah langkah penting sebagai dasar pengambilan keputusan.

“Dalam suatu instansi ataupun media itu sendiri, pengambilan data adalah dasar pengambilan keputusan sehingga gagasan kolaborasi itu bisa dikembangkan bersama,” tutur Eddy.

Adapun pihak UK Petra yang mengikuti kunjungan media di antaranya Djwantoro Hardjito Rektor UK Petra, Juliana Anggono Wakil Rektor Bidang Akademik, Agus Arianto Toly Wakil Rektor Bidang Sumber Daya.

Selaian itu juga Rudy Setiawan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Gan Shu Shan Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Sistem Informasi, Prayonne Kepala Humas, Ajeng Dyah Staf Hubungan Media, dan Ruth Carissa Staf Penerbitan.

Sedangkan pihak Suara Surabaya Media diwakili oleh Wahyu Widodo Direktur Bisnis, Eddy Prastyo Manager Produksi, Iping Supingah Supervisor New Media, Wawan Nugroho, dan Septian Yudha dari Divisi Marketing.(wld/dfn/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 21 Mei 2022
29o
Kurs